Bupati Kubu Raya Ajak Kades Perkuat Tata Kelola Pemerintahan Desa

Kubu Raya - Bupati Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) Muda Mahendrawan melantik 39 Kepala Desa (Kades) terpilih priode 2021-2027 hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2021 di aula kantor bupati, Jumat (17/12) siang.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengajak semua kepala desa yang dilantik hari ini untuk bersama-sama memperkuat tata kelola pemerintahan desa yang sudah dan sedang berjalan.

“Bagi kepala yang dilantik kembali, tentu sudah memahami tata kelola pemerintahan desanya dan bagi yang baru dilantik harus banyak belajar dan berproses serta berdiskusi untuk berusaha memperkuat tata kelola pemerintahan desanya”, kata Bupati Muda saat menyampaikan sambutan di hadapan 39 Kades terpilih," ujarnya.

Bupati menilai, bagi kades yang dilantik kembali dan dengan dipercayanya kembali menjadi kades tentunya harus lebih baik, pelayanan harus lebih diperbaiki lagi, inovasi-inovasi desa harus jauh lebih bermunculan dengan positif dan baik.

“Oleh karena itu dengan adanya inovasi Cash Management System (CMS) desa non tunai yang dilakukan selama dua tahun ini merupakan langkah pondasi besar, yang mana kedepannya bagi kades yang baru terpilih dan baru dipercaya menjadi kepala desa bisa berdaptasi dengan situasi yang sudah berjalan di desa masing-masing," ajaknya.

Bupati Muda menyadari, ketika awal diterapkannya CMS desa non tunai ini, membutuhkan pertaruhan yang sangat luar biasa, karena niat diterapkannya CMS ini tentu tidak lain hanya ingin mengangkat desa, mengangkat harkat, martabat dan kewibawaan pemerintah desa.

“Agar stigma negatif yang sejak dulu sering menjadi menu berita sehari-hari dan selalu menggambarkan desa ini penuh dengan kelemahan SDM dan seolah-olah semuanya yang memunculkan stigma negatif," ucapnya.

Bupati bersyukur, sejak diterapkannya CMS desa non tunai ini, stigma negatif di desa sudah tidak ada lagi dan masyarakat juga mendapatkan harkat dan martabatnya. Dengan diterapkannya CMS ini, maka langkah-langkah regulasi desa di Kubu Raya secara konsisten diperkuat bersama-sama.

“Saya berpesan kepada kades yang dilantik ini agar tetap fokus pada tata kelola pemerintahan desa yang benar-benar lebih memberikan dampak dan terukur, karena semua proses yang kita lakukan tentunya sudah dilakukan upaya-upaya penguatan. Makanya sistem regulasi yang kita buat itu benar-benar sistematis dan selalu berupaya adaptif terhadap perkembangan," jelas Bupati Muda.