Pemkab Rohul Raih Penghargaan WTP Enam Tahun Berturut-turut

Rohul - Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) enam kali berturut-turut yang diserahkan langsung oleh Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Pembendaharaan (DJPb) Provinsi Riau Ismed Saputra, di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Selasa (21/12).

Kepala Kanwil DJPb Ismed Saputra mengatakan,penghargaan ini diberikan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah atas raihan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), dimana tata kelola sudah memenuhi WTP, maka oleh pemerintah diberikan apresiasi dalam hal ini oleh Kementerian Keuangan.

"Dimana dalam tata kelola hingga mendapatkan opini WTP dalam artian penyajian laporan keuangannya sudah melalui standar operasional Pemerintah dengan mengikuti regulasi yang ada, dan pengungkapan yang wajar. Namun WTP Rohul ini masih ada catatan yang harus diperbaiki jika dipersentasekan sudah 99 % dan tinggal 1 % lagi yang perlu dibenahi," ujarnya.

Diakui Ismed Saputra bahwa dalam laporan tata kelola ini juga sesui laporan BPK masih adanya beberapa hal yang perlu diperbaiki seperti pengolahan aset yang masih perlu ditata dengan baik, namun secara keseluruhan laporan keuangan itu sudah memenuhi standar, baik penyajiannya yang sudah sesuai aturan dan pengungkapannya yang wajar.

"Kita juga bangga dengan Rokan Hulu yang mampu mempertahankan ini hingga enam tahun berturut turut," ucapnya.

Sementara itu, Bupati Rokan Hulu Sukiman, usai menerima plakat dan piagam penghargaan opini WTP ini mengucapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh OPD yang telah bekerja dengan baik,

"Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh OPD yang merupakan staf saya atas kinerjanya yang baik sehingga kembali bisa mendapatkan penghargaan WTP ini dari Kementerian Keuangan bahkan hingga enam tahun berturut-turut, oleh karena itu hal ini harus kita pertahankan," ungkap Bupati Sukiman.

Orang nomor satu di Rokan Hulu ini pun berharap ke depan hal ini dapat lebih ditingkatkan lebih baik lagi sehingga tata kelola keuangan dilakukan dengan baik dan sesuai prosedur aturan yang berlaku.

Terkait masih adanya catatan yang masih perlu di perbaiki, Bupati Sukiman menyampaikan akan mempelajari lebih lanjut catatan tersebut dan diperbaiki semua dimana adanya letak kekurangan yang ada agar kedepannya tidak ada lagi catatan catatan perbaikan yang diberikan kepada Pemkab Rokan Hulu.