PMI Kubu Raya Buka Sentral Vaksinasi Selama Sembilan Hari

Kubu Raya - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) kembali menggelar sentral vaksinasi COVID-19 massal selama sembilan hari untuk dosis pertama dan kedua kepada warga di kabupaten itu di Kafe Evergreen Kecamatan Sungai Raya, Rabu (22/12) petang.

"Pelaksanaan vaksinasi yang kami gelar ini guna mendukung pemerintah daerah dalam mempercepat capaian target vaksinasi dan herd immunity 70 persen yang masih rendah," kata Ketua PMI Kubu Raya Yudhi Hendradi, di sela kegiatan.

Yudhi menuturkan, pihaknya melaksanakan vaksinasi COVID-19 yang ketiga kalinya ini digelar selama selama sembilan hari terhitung sejak 22 Desember sampai 30 Desember 2021.

"Untuk vaksinasi yang digelar selama sembilan hari ini mulai pukul 14.00 siang hingga pukul 21.00 WIB. Jadi warga bisa lebih santai untuk melakukan pendaftaran, sehingga warga tidak perlu terlalu panjang mengantre," ujarnya.

Yudhi menyampaikan, vaksinasi ini juga melibatkan vaksinator dari Dinas Kesehatan Kubu Raya yang dilakukan secara bergiliran dan Perhubungan yang akan membantu mengatur pelaksanaan vaksinasi ini.

"Kedepannya, kami bersama Dinas Perhubungan Kabupaten Kubu Raya juga akan melakukan jemput bola terhadap warga dan pelajar yang mau divaksin terutama yang ada di Sekolah, Pondok Pesantren dan di area Bandara Supadio," ucapnya.

Terkait kuota vaksin yang disediakan, kata Yudhi, pihaknya tidak menargetkan berapa kuota vaksin yang akan diberikan kepada warga, namun pihaknya akan berusaha melayani berapapun jumlah warga yang akan divaksin selama sembilan hari.

"Dalam pelaksanaan vaksiansi kali ini, kami tidak menargetkan kuota vaksin yang akan diberikan ke warga, namun kami hanya ingin membantu pemerintah daerah dalam mengejar capaian herd immunity 70 persen," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan sangat mengaprsiasi dan berterima kasih kepada PMI Kubu Raya yang ikut 'Kepong Bakol' membantu pemerintah daerah dalam mengejar 70 persen herd immunity.

"Alhamdulillah, keterlibatan PMI sangat membantu pemerintah daerah dalam mempercepat capaian vaksinasi di Kubu Raya dan antusias warga juga masih cukup tinggi untuk mendapatkan vaksin COVID-19," kata Bupati Muda.

Bupati Muda menyampaikan, untuk mengejar target herd immunity, pihaknya bersama pihak TNI/Polri akan menambah jadwal pelaksanaan vaksinasi terutama pada sejumlah titik yang dinilai banyak jumlah penduduknya.

“Ke depannya vaksinasi akan lebih kami masifkan terutama pada sejumlah kecamatan yang padat penduduk. Ini penting dilakukan, karena daerah padat juga berisiko tinggi,” terangnya.

Walau berstatus zona hijau, dia menyatakan tetap optimistis untuk menggencarkan penyelenggaraan vaksinasi di kabupaten termuda di Kalimantan Barat ini.

“Yang penting masyarakat segera tervaksinasi, agar stok vaksin dapat ditambah lagi. Saya ucapkan terima kasih kepada Dandim dan Kapolres, melalui Kesdam dan Dokkes, bersama-sama Dinkes bersinergi secara 'Kepong Bakol' bersama pemerintah daerah untuk terus mengejar target capaian vaksinasi," imbuhnya.