Bupati Irna Apresiasi Kinerja PSM di Pandeglang

Pandeglang - Bupati Pandeglang Irna Narulita mengapresiasi kiprah Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) sebagai salah satu relawan yang memiliki peran strategis membantu pemerintah daerah khususnya dalam kegiatan sosial.

"Saya apresiasi dan haturkan terima kasih kepada para PSM, mereka (PSM) bekerja tanpa pamrih membantu masyarakat yang membutuhkan layanan sosial," ujar Bupati Irna, pada kegiatan pembinaan PSM dalam pengolahan data bansos dalam penanganan COVID-19, Selasa (21/12).

"Kami sangat terbantu sekali hadirnya PSM, salah satunya pendataan masyarakat dalam penerimaan bansos, semoga tidak ada lagi masyarakat kami yang tidak terdata," sambungnya.

Sementara itu, Ketua 1 PSM Kabupaten Pandeglang Ahmad Subhan mengatakan, PSM selalu berkoordinasi dengan kepala desa, atau lurah, serta bersinergi dengan pilar sosial dan penyelenggara pembangunan lainnya untuk melaksanakan tugasnya.

"PSM akan mendampingi program Kesejahteraan Sosial di tingkat desa atau kelurahan, berperan aktif dalam program nasional dan sebagai mitra pemerintah atau institusi dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial," kata Ahmad Subhan.

Dikatakan Subhan, PSM dibentuk berdasarkan Permensos Nomor 19 Tahun 2019 Tentang PSM, dengan begitu kata Subhan, memiliki posisi strategis dalam memberi pelayanan sosial baik langsung maupun tidak langsung, serta berjejaring kerja (networking) dengan kelembagaan sosial lainnya.

"Mereka bersinergi dengan TKSK, Orsos/LKS, Karang Taruna, WKSBM, LK-3, dan Kemitraan Dunia Usaha dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Nuriah sebagai pembina PSM mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas PSM baik sikap, kompetensi, keterampilannya serta kewenangannya agar memiliki kemampuan pelayanan yang lebih luas.

"Somoga apa yang kita lakukan hari ini memberikan dampak dan manfaat yang positif dalam peningkatan kapasitas," pungkasnya.