Gugus Tugas COVID-19 Kapuas Minta Media Beri Informasi Menyejukkan

Kuala Kapuas - Ketua Bidang Sarana Prasarana dan Logistik Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Kapuas yang juga Kepala Dinas Sosial Budi Kurniawan meminta media massa untuk menyajikan informasi yang menyejukkan tentang virus corona.

"Media harus menyajikan informasi yang menyejukkan untuk menghindari rasa takut berlebihan yang nantinya justru akan mengakibatkan stres masyarakat, kemudian berpengaruh menurunkan kekebalan atau imunitas tubuh," ujarnya di Kapuas, Senin (8/6)

Menurutnya, penyakit yang diakibatkan virus corona ini bukan aib, jika ada warga yang terpapar, seharus keluarga atau tetangga terdekat memberi dukungan agar melakukan karantina mandiri di rumahnya.

"Disinilah rasa sosial kita diuji serta kepedulian kita untuk saling membantu, bukan mengucilkan, tapi justru membantu untuk mendapatkan kesembuhan," pinta Budi.

Dicontohkannya, mereka yang ditangani untuk isolasi mandiri di rumah karantina Komplek NSD tidak ada yang meninggal dunia, malah sembuh. Ini menunjukkan kalau virus corona ini tidak berbahaya, kecuali bila ada penyakit lainnya sebagai penyerta.

"Penanganan penyakit corona ini bukan hanya masalah medis, psikologi juga berpengaruh. Seperti tertekan atau stres. Makanya di tempat karantina NSD itu kita menciptakan suasana yang lebih nyaman," ungkap Budi.