Bupati Tangerang Beri Penghargaan Digital Payment Awards 2021

Tangerang - Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar memberikan penghargaan Digital Payment Awards 2021 kepada 17 organisasi perangkat daerah (OPD) dan mitra Pemerintah Kabupaten Tangerang. Anugerah tersebut diberikan atas capaian keberhasilan program pembayaran secara digital.

"Penghargaan Digital Payment Awards bagi para OPD dan mitra Pemda diberikan karena mereka telah menerapkan pembayaran digital, baik itu pendapatan maupun pembayarannya," kata Bupati Zaki setelah menyerahkan penghargaan di Ballroom The Springs Club Pagedangan Kabupaten Tangerang, Rabu (22/12) malam.

Menurut dia, ada beberapa OPD dan mitra-mitra Pemda yang sudah menerapkan digital payment. Dia berharap agar keberhasilan tersebut diikuti juga oleh seluruh OPD di Kabupaten Tangerang.

Program digital payment merupakan amanat Presiden melalui Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD). Presiden meminta pemda untuk membuat dan menyederhanakan seluruh proses dan tahapan keuangan daerah agar bisa benar-benar menggunakan elektronifikasi yang sudah disiapkan.

"Kita harapkan sudah tidak ada lagi pembayaran dengan uang cash maupun transaksi tunai yang ada di Kabupaten Tangerang. Semua transaksi cashless atau nontunai, termasuk nanti kita mulai ke pasar-pasar tradisional," harap Zaki.

Beberapa pasar modern dan tradisional di Kabupaten Tangerang sudah menerapkan sistem pembayaran nontunai. Namun, masih perlu sosialisasi lagi dan edukasi kepada masyarakat agar semuanya menerapkan sistem digitalisasi dalam kehidupan sehari-harinya.

Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada PT Bank Jabar Banten (BJB) yang telah ikut membantu mendampingi dan memberikan bimbingan terhadap proses digitalisasi payment serta elektronifikasi di Kabupaten Tangerang.

Andi Hikmat selaku perwakilan dari Kemendagri berharap Digital Payment Awards tahun 2021 bisa memberikan dampak positif dan signifikan terhadap kinerja seluruh OPD terutama dalam rangka pelaksanaan pengelolaan pendapatan maupun belanja daerah. Selain itu juga melalui penyerahan penghargaan digital payment ini semoga dapat dijadikan sebagai tolak ukur dan salah satu indikator keberhasilan kinerja aparatur dan OPD pada Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang.

"Saya mengharapkan agar kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi pemerintah daerah lainnya di Indonesia dalam rangka percepatan implementasi TP2DD untuk mewujudkan optimalisasi dan peningkatan fiskal daerah," harap Andi.

Hadir dalam acara tersebut antara lain Danrem 052 Wijayakrama, Deputi Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten, Direksi BJB Pusat, Anggota DPRD Kab. Tangerang, unsur Forkopimda, sekda bersama kepala OPD dan camat.