Kepala Dinas Pekerjaan UmProgres Pembangunan IPAL Kota Palembang Capai 50 Persen

Palembang -  Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Palembang A. Bastari Yusak mengatakan, pengerjaan IPAL di Sei Selayur terus dilakukan dan dikejar. Dimana untuk di kawasan Jl  Merdeka ini merupakan bagian dari Pemasangan pipa yang akan dihubungkan ke induknya di Sei Selayur.

"Pembangunan pipa IPAL ini mulai dari Monpera, Kantor Wali Kota hingga ke induk IPAL di Selayur dengan pipa induk ini sepanjang 8 kilometer," terangnya, belum lama ini.

Bastari menjelaskan, pemasangan pipa induk di Jalan Merdeka ini menggunakan sistem pengeboran bukan penggalian. Sehingga, tidak terlihat pemasangan pipanya karena pengeboran dilakukan dibawah jalan.

"Setelah terpasangnya pipa induk ini maka akan dilanjutkan dengan pemasangan saluran ke rumah warga termasuk ke Kantor Pemkot Palembang," jelasnya.

Adapun IPAL Sei Selayur ini ditargetkan rampung pada awal 2023 mendatang dan beroperasi pada pertengahan tahunnnya. Pembangunan IPAL ini nantinya mencakup semua air limbah rumah tangga, saluran cucian, kamar mandi, sanitasi dan lainnya yang masuk dalam pengelolaan air limbah skala perkotaan.

"Targetnya pemasangan pipa induk ini pada Januari mendatang, yang pertama di kantor Walikota Palembang. Dan untuk progres pengerjaan sampai saat ini diperkirakan sudah sekitar 50 persen," katanya.

IPAL Sei. Selayur sendiri merupakan bantuan dari Hibah Pemerintah Australia. Saat ini proses pembangunan instalasi pipa induk dan booster (stasiun pompa) sepanjang 8,5 kilometer masuk dalam paket pengerjaan hibah Australia dan ditargetkan selesai di 2022.