Jelang Nataru, Wabup Banjar Pantau Harga dan Ketersediaan Sembako

Martapura - Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyie memastikan ketersediaan pangan serta memantau harga sembako menjelang Natal dan Tahun Baru 2022.

Saidi mengatakan, hanya harga cabai rawit yang mengalami kenaikan sekitar Rp10 ribu, sedangkan harga barang pokok lainnya masih relatif stabil.

Hal ini disampaikan Habib Idrus Al Habsyie, aat melakukan monitoring dalam rangka menjaga ketersediaan dan kestabilan harga bahan pokok dan barang lainnya di pasar Batuah Martapura, Jumat (24/12) pagi.

Habib Idrus Al Habsyie mengungkapkan dari hasil monitoring sementara dapat dipastikan ketersediaan bahan pokok masih aman untuk beberapa waktu kedepan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Banjar I Gusti Made Suryawati menjelaskan, kenaikan harga komoditas kerap terjadi menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) dan faktor cuaca yang tidak menentu.

”Pemantauan ketersediaan bahan pokok rutin dilakukan di akhir tahun, terlebih banyak warga yang mudik saat nataru,  sehingga kebutuhan bahan pokok meningkat. Namun sejauh ini stok bahan pokok di pasar Batuah Martapura aman terkendali,” ungkapnya.

Dirinya menambahkan, apabila terdapat kekurangan ataupun kenaikan harga bahan pokok yang tersedia di pasar tersebut, maka pihaknya akan bekerjasama dengan produsen untuk mengadakan pasar murah.