Banjar Tuan Rumah, MTQ Suara Emas V Resmi Dibuka

Martapura - Kabupaten Banjar resmi menggelar MTQ Suara Emas ke- V Ikatan Persaudaraan Qori – Qoriah dan Hafizh – Hafizhah (IPQAH) tingkat Provinsi Kalimantan Selatan di gedung Islamic Center Martapura, Kabupaten Banjar, Jumat (24/12).

Bertajuk “Dengan MTQ Suara Emas V Tingkat Provinsi Kalsel Kita Bumikan Syiar Al-Qur’an Menuju Banua Sehat Bebas COVID-19”, kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor diwakili Asisten Administrasi Umum sekaligus Plt Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Adi Santoso.

Adi Santoso mengatakan, menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan MTQ ini, meski masih dalam keadaan pandemi COVID-19.

“Melalui IPQAH ini lahir qori qoriah dan hafiz hafizah yang berprestasi sehingga dapat mengharumkan nama Banua Kalimantan Selatan," harapnya.

Sementara itu, sambutan tertulis Bupati Banjar Saidi Mansyur yang disampaikan Asisten Pemerintahan dan Kesra Masruri mengatakan, IPQAH merupakan wadah atau himpunan bagi qori-qoriah dan hafidz-hafidzah yang dititipkan oleh Allah SWT melalui kemampuan dan kelebihan dalam seni baca Al-Quran.

“Merupakan suatu kebahagiaan bagi Pemkab Banjar sebagai tuan rumah penyelenggaraan MTQ Suara Emas ke V tingkat Provinsi Kalsel yang dilaksanakan oleh keluarga besar IPQAH Provinsi Kalsel bekerjasama dengan IPQAH Kabupaten Banjar," ujarnya.

Dirinya berharap melalui IPQAH-lah syiar Al-Qur’an dapat semakin semarak, tercipta masyarakat khususnya generasi muda yang semakin cinta, gemar dalam membaca Al-Qur’an, sehingga akan lahir generasi qur’ani yang menjadi panutan, unggul, cerdas dan berakhlakul karimah. Harapan ini sangat selaras dengan Visi Kabupaten Banjar yakni mewujudkan masyarakat yang maju, mandiri, dan agamis, pada misi ke-5 yakni penguatan karakter masyarakat yang religius, berakhlak baik, dan berkepribadian luhur, serta menciptakan kehidupan masyarakat yang tertib, aman, dan demokratis.

“Akhirnya, dengan MTQ Suara Emas V Tingkat Provinsi Kalsel kita bumikan syiar Al-Qur’an menuju banua sehat bebas COVID-19," pungkasnya.

Di kesempatan tersebut dilakukan penyerahan piala bergilir dari IPQAH Kabupaten Banjar kepada IPQAH Pimpinan Wilayah (PW) Provinsi Kalsel untuk direbutkan kembali dalam ajang ini.