Bupati Tanah Datar Serahkan Bantuan Modal UMKM Terdampak COVID-19

Batusangkar - Bupati Tanah Datar Eka Putra menyerahkan bantuan modal usaha bagi UMKM yang terdampak pandemi COVID-19, di Indojolito Batusangkar, akhir pekan lalu.

Dikatakan Bupati Eka, bantuan ini perlu diserahkan dalam rangka percepatan pertumbuhan ekonomi nasional dan daerah, khususnya di Tanah Datar.

"Langkah ini kita lakukan sebagai langkah membantu UMKM yang terdampak pandemi COVID-19 dengan memberikan bantuan modal usaha, kita berharap UMKM bisa bertahan dan berkembang kembali," ujarnya.

Bupati Eka menambahkan, bantuan yang diberikan kepada 3.700 orang pelaku usaha se-Tanah Datar dengan total bantuan senilai Rp4.862.500.000.

"Besaran bantuan diberikan beragam, maksimal Rp2 juta per pelaku usaha mikro. Dari total bantuan Rp80 juta diberikan berupa bantuan peralatan penunjang usaha," tambahnya.

Eka menekankan dalam pemberian bantuan modal usaha tidak ada pemotongan, oleh karena itu pemerintah daerah bekerjasama dengan Bank Nagari Cabang Batusangkar untuk menyalurkannya.

"Kalau ada pengurangan, silakan lapor kepada Saya, karena bantuan ini diharapkan dapat membantu menggerakkan roda perekonomian. Oleh karena itu diharapkan bapak ibu penerima bantuan menggunakan bantuan hanya untuk pengembangan usahanya," tandasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Koperindag Darfizal mengatakan, kegiatan ini bertujuan mendukung Program Unggulan (Progul) Tanah Datar 2021.

"Tujuan bantuan ini adalah turut menyukseskan salah satu Progul poin pertama berbunyi Menciptakan Usahawan Baru dan Lapangan Kerja per Tahun," katanya.

Turut hadir, Kepala Bank Nagari Cabang Batusangkar Fauzan, Kadis Sosial Yuhardi, Kadis PMTSP Naker Zarratul Khairi, Sekdis Kominfo Yusrizal, Sekdis Pertanian Sri Wahyuni, Sekdis PMDPPKB Herison, Wakil Ketua Dekranasda Patty, Kabid Perekonomian dan SDA Baperlitbang Muharwan serta undangan lainnya.