Gunakan Teknologi Digital, Petani Cangkingan Indramayu Ekspor Rumput Odot

Indramayu - Tidak dapat dipungkiri, keberadaan teknologi digital, koneksi internet semakin dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Tidak terkecuali masyarakat Desa Cangkingan Kecamatan Kedokanbunder. Terlebih, Desa Cangkingan yang merupakan Juara 1 Desa terbaik di Kabupaten Indramayu tahun 2021, serta menjadi juara 3 desa terbaik di Jawa Barat tahun 2021.

Rumput Odot merupakan salah satu variates rumput gajah _(Pennisetum purpureum)_ yang menjadi pendulang pundi-pundi rupiah warga Desa Cangkingan dan Kedokanbunder. Rumput Odot digunakan sebagai bahan pakan ternak sapi maupun kambing. Dengan kandungan protein cukup tinggi, rumput tersebut sangat disukai oleh ternak tersebut.

Selama ini Rumput Odot ditanam sebagian masyarakat hanya untuk dimanfaatkan sebagai pakan ternak semata. Namun sekarang Rumput Odot sudah mulai dibudidayakan oleh masyarakat banyak karena memiliki nilai ekonomis sangat tinggi.

Dengan memanfaatkan teknologi digital, petani Desa Cangkingan telah berhasil mengirim Rumput Odot ke daerah lain di luar pulau Jawa. Bahkan secara online dengan menggunakan platform marketplace, petani Cangkingan sudah mampu melakukan eksport Rumput Odot ke negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Camat Kedokanbunder Atang Suwandi sangat mengapresiasi apa yang dilakukan petani Desa Cangkingan tersebut. Pasalnya, dampak positif dari Desa Digital Cangkingan kini mulai dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. *(kiriman berita dari Kec. Kedokanbunder diolah kembali oleh Tim Publikasi Diskominfo Indramayu)*