Delapan OPD Polman Terima Penghargaan Data Award 2021

Polman – Sebanyak delapan perangkat daerah menerima penghargaan Data Award 2021 Pengelola Data Sektoral dari Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar dalam kegiatan Forum Satu Data 2021 yang diselenggarakan oleh Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Polewali Mandar, secara luring di Ruang Pola Lantai 2, Senin (27/12).

Adapun penerima penghargaan Data Award 2021 Pengelola Data Sektoral Kategori C, Terbaik 3 diberikan kepada Dinas Perhubungan, Terbaik 2 diberikan kepada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Terbaik 1 Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa. Penghargaan Data Award 2021 Pengelola Data Sektoral Kategori B, Terbaik 3 diberikan Kepada Dinas Transmigrasi, Tenaga Kerja dan ESDM, Terbaik 2 diberikan Kepada Dinas Perindustrian, Perdagangan dan UKM, Terbaik 1 Diberikan Kepada Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Kategori A, Terbaik 2 diberikan kepada Dinas Sosial, Terbaik 1 diberikan kepada Dinas Pertanian dan Pangan.

Dalam kegiatan ini, terdapat tiga materi yang dipaparkan, yaitu Kebijakan satu data indonesia dan implementasinya di daerah dibawakan oleh Rezza A Ibnu Aziz Anggota Sekretariat Forum Satu Data Indonesia Tingkat Pusat. Plt Deputi Bidang Infrastruktur Informasi Geospasial Nat. Sumaryo, M.Sc mamaparkan materi optimalisasi simpul Jaringan Informasi Geospasial Nasional (JIGN) dalam kerangka kebijakan satu data Indonesia. Serta, Ahmad Gunawan S.ST, M.Si Kepala BPS Kabupaten Polewali Mandar membawakan materi peningkatan kualitas data sektoral pemerintah daerah.

Bupati Polewali Mandar Andi Ibrahim Masdar, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kominfo SP dan Bappeda Litbang, terkhusus kepada para pemateri dari Forum Satu Data Indonesia, Deputi Bidang Infrastruktur Informasi Geospasial, dan Kepala BPS Kabupaten Polewali Mandar. Beliau berharap sinergitas ke depan bisa lebih ditingkatkan, dan kekurangan yang terdapat pada setiap data dapat dijadikan bahan evaluasi.

“Bagi yang belum mendapatkan tadi ini penghargaan, segeralah dibenahi, dimana kurangnya, bertanya ke Dinas Kominfo dan Bappeda kurangnya dimana,“ ucap Bupati AIM.

“Jadi datanya betul-betul diperbaiki, dan jika terdapat data yang kurang bagus hasilnya, dapat menjadi bahan pedoman kita untuk memperbaiki kinerja yang belum maksimal,”.

Sedangkan, Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Polewali Mandar berharap melalui Forum Satu Data ini, jajaran pimpinan dapat melakukan implementasi di tingkat kerjanya masing-masing, agar setiap data perangkat daerah semakin membaik dari tahun ke tahun. Data yang ada di Polewali Mandar memenuhi prinsip satu data, yaitu memiliki standar data, memenuhi metadata, memiliki interoperabilitas data dan memiliki referensi induk.

“Di forum satu data itu ada tiga pelaku utama, yang pertama namanya Koordinator forum satu data yaitu Bappeda Litbang, sedangkan Kominfo sebagai Walidata, tugasnya mengevaluasi, memeriksa dan menyebarluaskan data. Produsen data adalah para perangkat daerah yang menghasilkan data, tugasnya memastikan data-data yang disusun untuk memenuhi standar, dapat dipertanggungjawabkan, mutakhir, lengkap, ketiganya dikumpulkan dalam forum satu data,” jelasnya.

Hadir pula dalam kegiatan ini, Wakil Bupati Polewali Mandar, para Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, Kepala Perangkat Daerah, Kepala Bagian Setda, serta Sekretaris dan Kepala Bidang Perangkat Daerah yang hadir secara virtual melalui zoom meeting forum satu data tahun 2021.