Pemkab Rohul Kejar Targetkan 70% Vaksinasi COVID-19

Rohul – Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu dan Tim Satgas Penagananan COVID-19 Rohul menggelar rapat evaluasi vaksinasi di Convention Hall Islamic Center Rohul, Senin (27/12).

Kabid P2P Diskes Rohul dr Darmadi Lubis memaparkan, capaian vaksinasi Rohul hingga 26 Desember 2021 sesuai data dari KPCPEN, yakni dosis pertama sebesar 66,93% dan dosis kedua mencapai 24,02%. Sementara melalui aplikasi PCare 67 % dan jika dihitung secara Manual 69,60%.

Darmadi juga menjelaskan, data NIK bermasalah saat entry di PCare sebanyak 1.253 data, dengan rincian data yang berhasil di-update 315 data, sementara data bermasalah 743 serta NIK bermasalah di lapas 195.

Sementara itu, Pj Sekretaris Daerah Rohul M. Zaki menjelaskan di Kabupaten Rokan Hulu baru ada tiga kecamatan yang mencapai target vaksinasi di atas 70%, seperti Kecamatan Ujung Batu (76,46%), Bonai Darussalam (75,98%) dan Tadun (71,89%).

“Sehingga untuk hari ini angka vaksinasi kita dosis pertama di Kabupaten Rokan Hulu kalau secara manual itu sudah di angka 69,60%, tapi kalau yang dipakai pemerintah pusat adalah data aplikasi PCare sudah di angka 67,00%,” jelas Zaki.

Zaki menambahkan, jika berpedoman pada angka 67,00%, Rohul masih kekurangan 2,8%.

"Dihitung berdasarkan sasaran yang perlu disegerakan untuk divaksin dosis pertama itu 12.832 dan hal ini sudah dirapatkan dengan seluruh upika baik itu camat, kapolsek dan danramil serta kapus seluruh kabupaten Rokan Hulu," ujarnya.

“Untuk dapat mencapai ini per 31 Desember dan ini upaya kita maksimal kita sudah bagi target kembali kepada masing-masing kecamatan agar bersama-sama bersinergi untuk mencapai target tersebut,” tandasnya.

Ia juga berharap kepada masyarakat agar melaksanakan vaksin dosis 1, memang ini tidak menghindarkan dari Covid-19 tapi sudah meringankan risiko bagi masyarakat jika terpapar dengan Covid-19.

Sementara itu, Kapolres Rohul AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito mengatakan, capaian vaksinasi Rohul sudah mencapai sekitar 67%, maka untuk mengecar target 70% jajarannya akan menggenjot di beberapa titik poin-poin termasuk dengan penambahan personel vaksinator yang akan diturunkan.

"Kalau dulu ada 27 Titik maka hal ini akan tersebar sampai dengan 40 titik lokasi akan melakukan vaksinasi dengan target dalam dua hari terakhir ini harus sampai dengan 70%,” harapnya.

Kapolres juga mengaku kondisi banjir juga salah satu menghambat pencapaian target dalam vaksinasi agak berkurang seperti 2 hari terakhir ini.

“Maka hal tersebut akan mempengaruhi tetapi kita tidak putus asa karena capaian target ke depan ini kita berharap bisa meningkat sampai dengan 70%. Kita optimistis bisa tercapai, tadi disampaikan bahwa seluruh Kapolsek Camat ke Puskesmas bersinergi bersama-sama bergabung dengan Kemenag,” pungkasnya.