Wabup Polman Pimpin Upacara Hari Amal Bakti ke-76 Kemenag

Polewali Mandar – Wakil Bupati Polewali Mandar (Polman) M. Natsir Rahmat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-76 Kementerian Agama (Kemenag) RI tahun 2022, di Lapangan Pancasila, Senin, 3 Januari 2022.

Dalam sambutan Menteri Agama yang dibacakan M Natsir Rahmat, dirinya ucapkan selamat kepada para penerima penghargaan Satyalancana Karya Satya. Selanjutnya beliau berharap semoga penghargaan tersebut semakin meningkatkan kinerja ASN Kementerian Agama dan menambah kebanggaan, sebagai bagian dari Korps Kementerian Agama.

“Prestasi yang telah dicapai oleh Kementerian Agama, merupakan hasil kerja keras dari para perintis dan sesepuh Kementerian Agama serta saudara sekalian. Oleh karena itu, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada segenap Pegawai Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama yang selama ini telah mengabdi dengan tulus dan menjaga martabat, kehormatan, dan kinerja Kementerian Agama. Sebagai salah satu bentuk ucapan terima kasih, Kementerian Agama telah mengajukan kepada Bapak Presiden untuk memberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 9.310 Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama dari 79 Satuan Kerja yang dinilai telah mengabdi tanpa cacat sebagai abdi negara. Alhamdulillah, Bapak Presiden telah mengabulkan permohonan tersebut dan pada Hari Amal Bakti ke-76 ini, atas nama Bapak Presiden, diberikan Penghargaan Satyalancana Karya Satya 30 tahun kepada 509 orang, 20 tahun kepada 2.802 orang, dan 10 tahun kepada 5.999 orang Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama,” ujarnya.

Usai sambutan, wakil bupati membuka secara resmi Pekan Olahraga dan Seni Kemenag RI Kabupaten Polewali Mandar dan juga melakukan pelepasan balon didampingi oleh Kepala Kemenag Kabupaten Polewali Mandar dan Ketua DPRD.

Selanjutnya, Kepala Kemenag Kabupaten Polewali Mandar Imran K. Kesa mengatakan, Kementerian Agama kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan tahun 2020. Capaian ini menjadi prestasi yang diraih selama lima tahun berturut-turut sejak tahun 2016.

“Usia ke-76 tahun adalah usia yang cukup matang dalam mengapresiasikan dari semua inovasi Kemenag dan seperti dalam sambutan Menteri Agama bahwa Alhamdulillah lima tahun terakhir Kantor Kemenag telah mendapat WTP (Wajar Tanpa Pengecualian), artinya bahwa penyelesaian anggaran dari pusat hingga ke daerah itu sudah termanfaatkan sesuai sasaran yang dicapai,” jelasnya.

Sebagai rangkaian acara, dilakukan penyerahan penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya 30 tahun 1 orang, 20 tahun 5 orang dan 10 tahun 66 orang, terdiri dari satuan kerja MI/MIN/MTSN/MAN, kemudian penyerahan piagam penghargaan kepada ASN yang berprestasi, penyerahan cenderamata kepada Purnabakti di lingkup wilayah Kemenag RI Kabupaten Polewali Mandar, serta penyerahan Sertifikat Tanah Wakaf Yayasan At-Thahiriyah Imam Lapeo Campalagian. Selanjutnya juga dilakukan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba pada ajang Kemenag CUP 2022 Tenis lapangan bersama Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar.