Pemkab Indramayu Peringati HAB ke-76 Kemenag

Indramayu - Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar bersama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Indramayu memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) ke-76 Kemenag tahun 2022 di Pendopo Indramayu, Senin (3/12). Peringatan HAB Kemenag tahun ini mengusung tema “Transformasi Layanan Umat".

Menteri Agama RI Yaqut Qholil Qoumas dalam sambutannya yang dibacakan oleh Bupati Nina Agustina menyatakan, sejak dibentuk tanggal 3 Januari 1946 hingga hari ini, Kemenag terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu instansi pemerintah yang mempunyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama serta mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran dan ramah bagi semua.

Kemenag telah hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama, memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan layanannya, dan menjaga Pancasila, Konstitusi, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk tetap dalam jalurnya.

Sudah banyak prestasi yang diraih oleh Kemenag. Prestasi ini harus dipertahankan dan secara bersamaan perlu terus berinovasi untuk mewujudkan Kemenag RI yang lebih baik. Jadikan Agama sebagai inspirasi sekaligus penggerak untuk para PNS di lingkungan kerja Kemenag RI dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Tidak lupa terapkan 5 nilai budaya Kemenag yaitu integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab, dan keteladanan yang tidak terpisahkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi PNS Kemenag RI.

Sementara itu Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Indramayu Hanif Hanafi menyebutkan, rangkaian Peringatan HAB ke-76 Kemenag RI Tingkat Kabupaten Indramayu sudah berlangsung sejak awal Desember 2021 dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, mengingat masih dalam masa pandemi COVID-19.

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan dalam momentum HAB ke-76 tahun 2022 ini, ASN Kemenag Indramayu berbagi dengan menebar 1.000 sembako untuk guru honorer dan pegawai honorer serta 250 paket sembako bagi fakir miskin.

Peringatan HAB ke-76 Kemenag bagi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Indramayu menjadi moment yang indah sekaligus membanggakan karena memperoleh sebanyak 11 penghargaan dari pemerintah pusat.

“Pada tahun ini Kemenag mendapatkan sesuatu yang indah pada milad ke-76 diantaranya Kementerian Agama Kabupaten Indramayu memenangkan beberapa katagori Madrasah Award. Dari 20 kategori, Kementerian Agama Kabupaten Indramayu memperoleh 11 penghargaan,” katanya.

Tidak hanya itu, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Indramayu baru saja menyelesaikan bangunan boarding school untuk Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTSN) bantuan dari pemerintah pusat lewat Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) sebesar 11,7 Miliar, meliputi MTSN Kandanghaur, MTSN 11 Terisi dan MTSN 12 Jatibarang.

Hanif Hanafi menyatakan, Kemenag Kabupaten Indramayu selalu berusaha maksimal untuk mampu bersinergi dan berkontribusi untuk pembangunan masyarakat Kabupaten Indramayu yang Bermartabat (Bersih, Religius, Adil, Makmur dan Hebat)

“Kami akan selalu bersinergi dengan pemerintah daerah dalam mewujudkan Kabupaten Indramayu Bermartabat serta masyarakat yang mempunyai nilai dan mampu bersaing secara lokal, nasional hingga internasional dan mampu memahami kearifan lokal dan menjaga keharmonisan dalam beragama, berbangsa dan bernegara untuk terus menyongsong Tahun 2022 sebagai tahun toleransi,” tegasnya.

Dirinya juga mengapresiasi kepedulian pemerintah daerah yang telah mengembangkan bidang keagamaan khusunya pada guru MDTA dengan kucuran dana total 16 miliar yang merupakan program signifikan.

“Selain itu kami menyambut baik atas disahkannya Perda Pondok Pesantren yang tentunya akan menjadi suplemen baru bagi pembangunan keagamaan di Indramayu dan akan menjadikan Kabupaten Indramayu menjadi Kota Santri,” pungkasnya.