Pimpin Apel Gabungan ASN, Bupati Tanah Datar Tekankan Lebih Baik di 2022

Batusangkar - Bupati Tanah Datar Eka Putra menjadi inspektur apel gabungan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam rangka memasuki tahun 2022, di halaman Kantor Bupati di Pagaruyung, Senin (3/1).

Dalam sambutannya, bupati menegaskan Pemerintah Daerah memasuki tahun 2022 harus lebih baik lagi, dan gaji pegawai honor dan perangkat nagari menjadi perhatian.

"Jika 2021, honor tenaga harian lepas (THL) dan perangkat Nagari honornya terlambat cair, sehingga ada yang jual cincin kawin atau gadaikan sepeda motor untuk menutupi kebutuhannya, maka 2022 tidak boleh terjadi lagi," katanya.

Ditambahkan bupati, Pendapatan Asli Daerah (PAD) saat ini dikisaran 10 persen dari jumlah APBD harus meningkat lagi. Kemudian pelayanan urusan perizinan, pengelolaan aset menjadi sektor perhatian yang ditingkatkan.

"Masih ada pengusaha mengeluh pengurusan perizinan lama dan sulit. Saya tegaskan dinas terkait di 2022 melayani harus cepat, mudah, ramah dan tidak berbelit, namun tentunya sesuai aturan berlaku," tegas Eka.

Bupati Eka juga menegaskan program kegiatan yang dilaksanakan melalui mekanisme pengadaan barang dan jasa, agar dipersiapkan sedini dan sebaik mungkin secara matang.

"Perencanaan lebih awal dengan matang tentu akan berhasil baik sesuai target yang direncanakan. Karenanya etos kerja disiplin dengan kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dan kerja tuntas bisa dicapai," ujarnya.

Terakhir, ia juga mengucapkan selamat kepada 258 orang yang dilantik diambil sumpah jabatan fungsional melalui mekanisme penyetaraan diakhir tahun 2021 kemarin.

"Penyetaraan jabatan struktural ke jabatan fungsional diharapkan mengubah kultur birokrasi menjadi lebih baik, memotivasi lebih kreatif dan berinovasi dalam menjalankan tugasnya," pungkas Eka.

Turut hadir, staf ahli bupati, para asisten, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kabag di lingkup Setda, camat dan seluruh ASN.