Pemkab Natuna Ikuti Sosialisasi Pilkada Serentak 2020

Natuna - Asisten Ekonomi Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Natuna Tasrif bersama pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mengikuti Rapat Koordinasi Persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 melalui video conference dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kepala Badan Penelitian Pengembangan Kemendagri Agus Fatoni mengatakan, berdasarkan Data Internasional IDEA, saat ini terdapat 65 negara yang menunda Pemilu 2020, sedangkan yang melaksanakan sesuai jadwal ada 33 negara.

"Negara yang melaksanakan Pemilu tahun ini periode Januari hingga 7 Juni 2020 ada 16 negara, 21 negara memutuskan untuk menunda pelaksanaannya termasuk Indonesia yang menunda Pilkada serentak menjadi 9 Desember 2020. Sembilan negara belum menentukan waktu pelaksanaan, dan dua negara menunda ke tahun depan," katanya, Rabu (10/6).

Sementara itu, Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Syarifuddin mengungkapkan, beberapa tantangan maupun solusi penyelenggaraan Pilkada serentak 2020 di masa pandemi COVID-19 di antaranya masalah anggaran dan berbagai persiapan yang akan dilakukan berdasarkan protokol kesehatan.

"Jaminan keselamatan bagi para perangkat Pemilu harus menjadi perhatian bersama, mengingat para petugas akan melakukan pelayanan dengan begitu banyak massa," paparnya.

Syarifuddin menambahkan, sosialisasi serta pendekatan persuasif harus dilakukan sejak awal, dari lini terkecil, seperti keluarga dan Rukun Tetangga (RT) sebagai upaya menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga dan mencegah penularan COVID–19, tanpa mengurangi asas-asas demokrasi dalam pelaksanaannya.