Kolaborasi Radio Bernama-Antara Digital dan Persada Obat Rindu WNI di Malaysia

Jakarta - Ketua Harian Persatuan Radio TV Publik Daerah Seluruh Indonesia (Persada.id) Syaifudin Ahmad mendukung kolaborasi yang akan terbentuk antara Radio Bernama - Antara Digital Media - Persada.id.

Syaifudin menilai aliansi penyiaran radio antarnegara serumpun ini dapat menjadi pengikat hubungan antarmasyarakat Indonesia dengan Malaysia.

"Banyak WNI yang sekarang bermukim di Negeri Jiran Malaysia. Dengan siaran radio berbahasa Indonesia, diharapkan dapat mengobati rasa rindu para WNI terhadap Tanah Air," ujar Syaifudin saat menyambut CEO Antara Digital Media Darmadi di Media Center Kabupaten Pasuruan, Rabu (5/1).

Menurut Syaifudin, siaran bersama ini juga membuka peluang bagi para pemangku kepentingan di seluruh Indonesia untuk berkomunikasi dengan rakyatnya yang bermukim di Malaysia untuk berbagai keperluan.

Ia lebih jauh menjelaskan bahwa anggota Persada.id yang mencapai 118, juga dapat menjadi jembatan penghubung bagi Malaysia dengan berbagai daerah di Indonesia.

"Komunikasi jarak jauh bisa dilakukan melalui berbagai platform, salah satunya melalui radio yang memiliki daya jangkau lintas negara. Untuk itu saya berharap jalinan kerja sama ini segera terwujud," ucapnya.

Sementara itu, Darmadi menyambut baik dukungan yang diberikan Persada.id terhadap rencana kerja sama dengan Radio Bernama.

"Kerja sama di bidang penyiaran radio ini sebagai bagian dari nota kesepahaman yang sudah ditandatangani antara Perum LKBN Antara dengan Kantor Berita Bernama Malaysia," tuturnya.

Sebagai sesama kantor berita resmi, Antara dan Bernama tentunya harus menjalankan fungsi sebagai humas pemerintah dan negara.

"Peran inilah yang bisa dilaksanakan salah satunya melalui siaran radio. Selain juga sebagai media komunikasi untuk merekatkan hubungan kedua negara, baik di bidang politik, ekonomi dan tentunya juga budaya," imbuh Darmadi.

Ke depan, Bernama juga akan melakukan kerja sama dengan Antara Digital Media di bidang distribusi informasi melalui Digital-Out-of-Home, baik yang sudah terpasang di Tanah Air, juga jejaring yang akan dipasang di Malaysia.