Kadis Pertanian Pangkep: Sorgum Masih Tergolong Baru Bagi Petani

Pangkep - Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pangkep Andi Sadda mengatakan, tanaman sorgum masih tergolong baru di kalangan petani setempat.

Andi Sadda saat ditemui usai panen perdana sorgum di Desa Batara, Kecamatan Labakkang, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, Kamis (11/6), mengatakan sudah ada tiga lokasi yang dilakukan uji coba penanaman sorgum, yakni di Desa Batara, Desa Tompo Bulu, Kecamatan Balocci dan Kecamatan Tondong Tallasa.

Dijelaskan Andi, program ini merupakan kerjasama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Trasmigrasi (Kemendes PDTT) dan selanjutnya akan terus dikembangkan di Kabupaten Pangkep mengingat masih banyak lahan-lahan yang belum dimanfaatkan secara maksimal.

“Kami bersyukur sebab sudah ada tiga lokasi di Kabupaten Pangkep yang dilakukan penyuluhan pertanian atau demplot, yakni Desa Batara, Kecamatan Labakkang, Desa Tompo Bulu, Kecamatan Balocci dan Kecamatan Tondong Tallasa," ujarnya.

Dijelaskannya, dari hasil uji coba penanaman, tanaman umur tiga bulan sudah bisa penen petani, hasil yang dipetik mencapai 2,5 - 4 ton per hektar, namun jika dirawat sebaik mungkin bisa hingga 5 - 6,5 ton per hektar dan sorgum ini bisa sebagai pengganti beras.

Andi menerangkan, sorgum adalah tanaman dari keluarga rumput-rumputan dan masih satu keluarga dengan padi, jagung, serta gandum. Biji sorgum memiliki kandungan karborhidrat tinggi sehingga bisa dimanfaatkan sebagai makanan pokok.

Berikut artikel mengenai manfaat sorgum.

Kesehatan Pencernaan

Seperti kebanyakan makanan sehat, sorgum juga mengandung serat yang berfungsi meningkatkan sistem pencernaan. Satu porsi tunggal sorgum mengandung 48 persen dari asupan harian yang direkomendasikan untuk mengonsumsi serat.

Hal ini berarti saluran pencernaan akan menyimpan makanan dan mencerna dengan cepat, sehingga dapat mencegah hal-hal seperti kram, kembung, sembelit, sakit perut, kelebihan gas, dan diare.

Kesehatan Jantung

Jumlah serat yang diperoleh dari mengonsumsi sorgum akan membantu tubuh untuk mengikis kolesterol berbahaya (LDL), sehingga akan meningkatkan kesehatan jantung dan melindungi tubuh dari kondisi seperti aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

Mencegah Kanker

Lapisan butir sorgum mengandung antioksidan penting yang tidak ditemukan di banyak jenis makanan lain. Dibandingkan dengan gandum dan jagung, antioksidan dalam sorgum ini lebih efektif mengurangi pertumbuhan berbagai jenis kanker, termasuk kanker kerongkongan.

Mengontrol Gula Darah

Sorgum memiliki enzim yang dapat menghambat penyerapan pati oleh tubuh, membantu mengatur insulin dan dapat mengatur kadar glukosa (gula darah) dalam tubuh. Oleh karena itu, penderita diabetes tidak akan mengalami peningkatan kadar glukosa, sehingga akan mencegah shock diabetes dan komplikasi kesehatan lainnya.

Mengontrol Celiac

Meskipun celiac tergolong penyakit baru, akan tetapi penyakit ini banyak menyita perhatian dunia. Penyakit celiac adalah alergi parah terhadap gluten, yang terutama ditemukan dalam produk gandum.

Akan tetapi, sorgum termasuk biji-bijian yang dapat dikonsumsi dengan aman oleh mereka yang menderita celiac ini tanpa peradangan yang menyakitkan, mual, dan kerusakan gastrointestinal yang disebabkan oleh gluten.

Kesehatan Tulang

Magnesium tinggi yang terdapat dalam sorgum akan meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh. Mineral ini juga bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan jaringan tulang dan mempercepat penyembuhan tulang yang rusak atau mengalami penuaan. Sehingga, sorgum juga dapat bermanfaat untuk mencegah kondisi seperti osteoporosis dan arthritis.

Perkembangan Sel Darah Merah

Sorgum juga mengandung tembaga, dimana tembaga ini dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi ke dalam tubuh. Hal inilah yang akan menurunkan risiko terkena anemia. Dengan tercukupinya zat besi dan tembaga dalam sistem tubuh, maka akan meningkatkan perkembangan sel darah merah.

Perkembangan sel darah merah ini juga akan meningkatkan sirkulasi darah, merangsang dan memperbaiki pertumbuhan sel, serta meningkatkan pertumbuhan rambut dari kulit kepala.

Kestabilan Energi

Niacin (vitamin B3) adalah komponen kunci yang berfungsi mengubah makanan menjadi energi yang dapat digunakan sebagai bahan bakar bagi tubuh. Sorgum mengandung 28% dari asupan yang direkomendasikan niacin per hari, sehingga dengan mengkonsumsi sorgum dapat memperlancar metabolisme yang akan meningkatkan kestabilan energi dalam tubuh.

Kesehatan Tiroid

Mangan adalah komponen dari tiroksin yang merupakan hormon penting dalam kelenjar tiroid. Sorgum kaya akan  mangan yang bermanfaat untuk membantu fungsi kelenjar tiroid dalam tubuh.

Meningkatkan Daya Kognitif

Fungsi otak dan neurotransmitter berasal dari fosfor. Fosfor yang terkandung dalam sorgum akan membantu menjaga respon emosi, neuron dan hormon, sehingga akan mencegah terjadinya penurunan daya kognitif dan gangguan usia seperti penyakit alzheimer.

Efek Mengkonsumsi Sorgum

Tidak ada peringatan khusus atau larangan untuk mengkonsumsi sorgum. Akan tetapi seperti halnya makanan pada umumnya, sorgum juga dapat menyebabkan alergi bagi mereka yang sensitif terhadap makanan.

Semua produk olahan sorghum memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Sehingga, bagi mereka yang mengalami obesitas harus mempertimbangkan takaran untuk megkonsumsi sorgum karena dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan juga peningkatan kadar gula darah apabila dikonsumsi secara berlebihan.