Pemkot Banjarmasin Percepat Capaian Vaksinasi Lansia

Banjarmasin - Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, akan melakukan percepatan vaksinasi COVID-19 untuk warga lanjut usia (lansia).

Hal itu dikatakan Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin Ikhsan Budiman saat memimpin Rapat Koordinasi Rencana Percepatan Capaian Vaksinasi Lansia di Aula Kayuh Baimbai Balaikota Banjarmasin, Senin (10/1).

Ikhsan Budiman menuturkan, terkait evaluasi dan rapat pelaksanaan vaksin untuk lansia sesuai Surat Edaran Walikota yaitu harus memenuhi target capaian minimal 60%, sementara saat ini hanya mencapai 44%, sehingga dari kekurangan itu Pemkot Banjarmasin akan melakukan vaksin lansia pada 10-14 Januari 2022.

"Adapun yang dimaksud dengan lansia ini batasan umurnya itu 60 keatas, ini menjadi penting bagi kita karena ketika tercapai capaian vaksin lansia di 60% maka ini menjadi tolak ukur kita mendapatkan kuota untuk vaksin anak 6-12 tahun. Nah, ulun (saya) pikir itu dari rapat kita hari ini tadi bersama dengan kepala SKPD," tutur Ikhsan.

Ia menyampaikan, dalam program vaksinasi lansia tersebut juga diberikan sembako bagi para lansia yang ikut bervaksin, adapun sembako itu merupakan alokasi dari dana CSR perusahaan.

"Jadi, sembako itu kemaren bantuan dari Bank Kalsel. Nah, sekali lagi ini tidak ada menggunakan anggaran APBD. Sembako itu untuk lansia yang akan di vaksin yaitu vaksin pertama, jadi sekali lagi sembako itu untuk yang bersangkutan dan mau di vaksin," ucap Ikhsan.

Ia mengungkapkan titik-titik pelaksanaan vaksin selain di puskesmas, juga ada yang keliling karena pihaknya bisa memahami lansia juga memiliki keterbatasan, sehingga melalui tenaga kesehatan menuju ke rumah rumah warga lansia tersebut.

"Secara umum lansia yang divaksin, namun apabila memang ada kawan-kawan yang belum vaksin silakan. Jadi, ini menjadi tanggung jawab kita selaku SKPD untuk bisa melaksanakan apa yang sudah di perintahkan," pungkasnya.

[video width="640" height="360" mp4="https://www.antaradigital.com/wp-content/uploads/2022/01/Pemko-Percepat-Capaian-Vaksinasi-untuk-Lansia_2.mp4"][/video]