Mentan Tinjau Lumbung Padi di Kabupaten Kapuas

Kuala Kapuas - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meninjau lumbung padi di Desa Terusan Makmur, Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Kamis (11/6).

Turut mendampingi Mentan Syahrul, Pangdam XII Tanjung Pura Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, Anggota DPR RI Komisi III Dapil Kalteng Ary Egahni Ben Bahat, Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat, Dirjen Kementan serta kepala OPD di lingkup Pemkab Kapuas.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo berharap Kalimantan Tengah menjadi lumbung padi nomor satu di Indonesia. Selain padi, Syahrul berharap Kalteng juga menjadi lumbung dari hasil pertanian lainnya.

"Saya berharap Kalimantan Tengah bisa menjadi lumbung padi nasional dari urutan sekian menjadi urutan teratas yang menyediakan bahan pangan. Tidak hanya padi tetapi juga hasil-hasil tani yang lain," ujar Syahrul.

Dirinya juga berterima kasih kepada Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat yang sudah menerima kehadirannya bersama gubernur Kalimantan Tengah. Mentan berharap lahan-lahan di Kapuas khususnya dan Kalimantan Tengah pada umumnya bisa dikembangkan untuk tanaman produktif karena sangat potensial.

"Daerah ini mempunyai lahan yang cukup luas untuk para petani mengembangkan lahannya dalam menanam padi dan tanaman lain. Di sini, menurut apa yang disampaikan kadis Pertanian Kapuas, per hektar-nya bisa menghasilkan padi sekitar 8-9 ton. kita berharap ini bisa dikembangkan dari beberapa sektor selain padi seperti peternakan," ujar Mentan Syahrul.