Pemkab Belitung Terus Matangkan Persiapan Pertemuan G20

Jakarta - Pemerintah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, terus mematangkan persiapan penyelenggaraan Development Working Group (DWG) The Group of Twenty (G20) di Pulau Belitung pada September mendatang.

"Kita sudah siapkan sekretariat khusus untuk menyambut pertemuan antar menteri pembangunan dari 20 negara. Selain itu juga telah digelar rapat koordinasi yang dipimpin Gubernur Babel Erzaldi Rosman Djohan," ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung MZ Hendra Caya, saat audiensi dengan Antara Digital Media dalam rangka kerjasama publikasi kegiatan G20 dan potensi-potensi daerah, di Jakarta, Jumat (14/1). 

Sekda mengatakan, Pemkab Belitung sudah mulai menyiapkan infrastruktur bandara, transportasi, pelayanan kesehatan berstandar internasional untuk pertemuan G20. Selain itu, tambahnya, untuk fasilitas hotel juga terus ditingkatkan dalam rangka menyambut tamu-tamu negara.

"Diperkirakan 567 delegasi dari negara-negara G20 akan hadir di Belitung, oleh sebab itu persiapannya harus dilakukan sebaikan mungkin. Kami juga intens berkoordinasi dengan pemerintah pusat melalui Bappenas untuk menyukseskan acara G20 di Belitung ini," ujarnya.

Sekda Hendra berharap kesuksesan pertemuan G20 di Belitung dapat meningkatkan investasi di Bumi Laskar Pelangi.

"Kami berharap nantinya saat tamu-tamu kenegaraan tersebut pulang kembali ke negaranya, bisa menyampaikan potensi besar pariwisata Belitung, dan ini tentunya akan menjadi peluang bisnis yang sangat besar," ujarnya.

Di akhir pertemuannya dengan CEO Antara Digital Media Darmadi, sekda berharap dukungan anak usaha Perum LKBN ANTARA itu dalam rangka kerjasama publikasi agar perhelatan G20 terinformasikan ke tingkat nasional dan internasional.

"Tentunya dengan publikasi ini akan bermanfaat dari segi bisnis, jadi investasi khususnya sektor pariwisata yang masuk ke Belitung diharapkan bisa mengalir deras pascaacara G20,” pungkasnya.