Dinkes Kubu Raya Gelar Vaksinasi Hingga Malam Hari

Kubu Raya - Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, terus menggencarkan vaksinasi COVID-19 dengan menggandeng pemerintah desa guna mempercepat capaian 70 persen target vaksin. Salah satu langkah yang dilakukan Dinkes Kubu Raya adalah dengan menggelar vaksinasi hingga pukul 21.00 WIB.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya Marijan mengatakan, Dinkes menyiapkan ribuan dosis vaksin COVID-19 yang dilakukan di desa-desa, mengingat kuota vaksin yang tersedia sudah mencukupi hingga akhir Januari 2022.

"Setiap harinya ada 76 titik yang tersebar di sembilan kecamatan yang kami lakukan vaksinasi. Dari jumlah tersebut ada 48 titik yang tersebar di 3 Kecamatan yang menjadi fokus utama kami, diantaranya Kecamatan Sungai Raya, Sungai Kakap dan Kecamatan Sungai Ambawang. Sedangkan 28 titik lainnya tersebar di enam kecamatan," ujarnya.

Marijan menjelaskan, waktu pelaksanaan vaksinasi ini pihaknya menyesuaikan masyarakat dan bukan lagi masyarakat menyesuaikan Dinas Kesehatan.

"Mengingat masyarakat di pagi hari banyak yang sibuk bekerja, makanya pihaknya menggelar vaksinasi di 48 titik itu pukul 15.00 - 21.00 WIB," jelasnya.

"Untuk hari ini saja kita siapkan 4000 dosis untuk 76 titik dan untuk vaksinasi di Desa Mekar Baru ini pihaknya melibatkan 7 orang tenaga kesehatan dari Puskesmas Sungai Raya Dalam. Jika dilihat dari antusias warga yang ikut vaksinasi di desa-desa, kami yakin capaian 70 persen vaksinasi bisa tercapai dalam dua pekan ke depan," lanjutnya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Mekar Baru Sudirman mengatakan, dalam mendukung percepatan capaian vaksinasi, pihaknya memfasilitasi tempat pelaksanaan dengan melibatkan semua RT, kadus dan perangkat desa.

"Kami mulai melaksanakan vaksinasi ini mulai tanggal 20 Desember 2021, karena sudah banyak warga kami yang divaksin, sejak dua minggu terakhir kami hanya menggelar vaksinasi dua kali seminggu yaitu Senin dan Jumat yang dimulai pukul 16.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB," ujarnya.

Dirinya menyampaikan, jumlah warganya yang sudah divaksin sejak tanggal 20 Desember 2021 sampai Senin kemarin terdapat lebih dari 7 ribu orang.

"Untuk hari ini saja sudah terdapat 296 warga kami yang tervaksin," tutupnya.