Wabup Ngawi Tinjau Sejumlah Pintu Saluran Air

Ngawi - Meningkatnya curah hujan mengakibatkan terjadinya luapan dan genangan air di sejumlah tempat yang mengganggu jalur lalu lintas jalan raya provinsi. Terkait hal ini, Wakil Bupati Ngawi Dwi Rianto Jatmiko bersama leading sector meninjau beberapa titik pintu saluran air dan bendungan di Kecamatan Padas, Rabu (12/1).

Wabup Ngawi mengatakan kunjungan ini untuk meninjau titik pintu saluran air dan bendungan atau DAM.

"Jadi setelah kita lakukan pengecekan dibeberapa titik, untuk jangka pendek tindakan kita meminimalisir agar tidak terjadi luapan air di jalan saat hujan. Kemudian jangka panjangnya pembenahan dibeberapa titik seperti embung, saluran dan bendungan (DAM) dengan pelebaran saluran air, sehingga memperluas debit air yang lewat. Sedangkan, bendungan atau DAM tidak hanya kita fungsikan untuk pertanian tetapi juga dimanfaatkan sebagai pengendali air saat hujan deras," jelasnya.

Dikatakan wabup, Pemerintah Kabupaten Ngawi akan melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk mengatasi permasalahannya ini agar segera tertangani dengan cepat.

"Jadi untuk percepatan penanganan ini, akan segera dilakukan inventarisasi fungsi pintu pengendali air dan sejumlah tempat yang mengalami pendangkalan. Segera kita akan melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jatim," tandasnya.

Wabup Ngawi berharap dengan kegiatan ini, bisa segera dilakukan penanganan cepat sehingga tidak terjadi luapan dan genangan air dijalan saat hujan deras.

"Dengan begitu tidak akan menggangu pengguna jalan dan masyarakat," pungkasnya.