Jelang HPN 2022, Antara Digital Media Napak Tilas Perjalanan Pers di Tanah Air

Solo - CEO Antara Digital Media Darmadi melakukan napak tilas perjalanan pers di Tanah Air di Monumen Pers Nasional, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (20/1).

"Napak tilak tilas pers ini dalam rangka menyambut peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 pada 9 Februari mendatang yang akan dipusatkan di Provinsi Sulawesi Tenggara," ujar Darmadi didampingi Koordinator Kemitraan Informasi Publik Kementerian Kominfo Helmi Hafid, saat diterima langsung oleh Kepala Monumen Pers Nasional Widodo Hastjaryo.

Di Monumen yang dibangun pada 1918 atas perintah Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunagara VI, Darmadi dan Helmi diajak menyelami sejarah wartawan Indonesia mulai dari zaman Jawa Kuno sampai saat ini.

Selain itu, Darmadi dan rombongan juga menyaksikan digitalisasi koleksi-koleksi Monumen Pers Solo yang terdiri dari berbagai surat kabar di Indonesia dan asip-arsip nasional agar tidak terkendala fisik arsip-arsip kuno yang sudah rapuh.

"Monumen Pers Nasional Surakarta menjadi saksi perjalanan pers Indonesia berjuang melawan penjajahan pada masa revolusi hingga saat ini memasuki era digital," ujarnya.

Darmadi berharap pers nasional tetap menjadi agen pembawa kebenaran sebagai upaya menjaga persatuan dan kesatuan dalam mendukung kesuksesan pembangunan.