Sekda Sigi Ikuti Rakornas Pengawasan Intern Pemerintah 2020

Sigi - Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Muhammad Basir mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2020 melalui video conference yang bertema "Kolaborasi dan Sinergi Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), Pemeriksa Eksternal, dan Aparat Penegak Hukum (APH) dalam Rangka Pengawasan Percepatan Penanganan COVID-19 dan Program Pemulihan Ekonomi Nasional".

Rakornas ini dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari Istana Merdeka, Jakarta, Senin (15/6).

Presiden Jokowi, dalam sambutannya mengatakan bahwa saat ini dunia menghadapi kondisi yang sangat sulit. Sebanyak 215 negara menghadapi darurat kesehatan dan harus menyelamatkan warganya dari ancaman pandemi COVID-19.

"Semua negara berjuang menyelamatkan diri dari tekanan ekonomi yang dahsyat, suplai terganggu, produksi juga bermasalah, pertumbuhan ekonomi dunia terkoreksi amat tajam dan berjuang agar tidak masuk kejurang resesi. Sekali lagi, situasi seperti ini tengah dihadapi semua negara, termasuk Indonesia. Semua itu membutuhkan respons pemerintah yang cepat dan juga tepat," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan, di bidang kesehatan, pemerintah dituntut untuk mengendalikan COVID-19 agar tidak menyebar lebih luas.

"Yang sehat jangan tertular dan yang sakit kita rawat sampai sembuh," tegas Jokowi.

Sementara di bidang sosial dan ekonomi, Jokowi menjelaskan, pemerintah harus menjamin warga yang kurang mampu dan terdampak COVID-19 untuk mendapatkan perlindungan serta bantuan sosial.

"Kita juga harus memastikan sektor informal dan UMKM mampu bertahan dan para pelaku usaha bisa tetap bergerak, PHK massal harus kita hindari. Semua langkah cepat dan tepat dari pemerintah harus akuntabel," tegasnya.

Jokowi mengingatkan bahwa pemerintah telah mengalokasikan dana sebesar Rp677,2 triliun untuk percepatan penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional. Angka itu jumlah yang sangat besar, oleh sebab itu tata kelolanya harus baik, sasarannya harus tepat, prosedurnya harus sederhana dan tidak berbelit-belit, 'output' dan 'outcome'-nya harus maksimal bagi kehidupan seluruh rakyat Indonesia.

Adapun yang menjadi narasumber pada rakornas kali ini adalah Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menko Polhukam Mahfud MD, Ketua BPK Agung Firman Sampurna, Ketua KPK Firli Bahuri, Jaksa Agung ST Burhanuddin, dan Kapolri Jenderal Pol Idham Azis yang diwakili oleh Irwasum Polri.

Rakornas ini diikuti dan dihadiri juga oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin, ketua BPK RI, para menteri Kabinet Indonesia Maju, kepala BPKP, ketua KPK, jaksa agung, kapolri dan kapolda, para gubernur, bupati/wali kota, pengurus dan anggota Aliansi Auditor Indonesia.