BPKP Sumut dan Pemkot Padang Sidempuan Tingkatkan Sinergitas

Padang Sidempuan - Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara Kwinhatmaka didampingi Korwas Akuntabilitas Pemda (APD) Rohmad Basuki melakukan silaturahmi ke Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution, sekaligus koordinasi dan sinergitas dalam hal pengawasan, baru-baru ini.

Pertemuan di ruang kerja wali kota berlangsung dengan suasana yang hangat dan santai. Dalam perbincangan tersebut, Wali Kota Irsan Efendi menyampaikan agar BPKP dapat membimbing Pemerintah Kota Padang Sidempuan dalam hal pelaporan dan pengawasan keuangan.

“Kiranya BPKP dapat membimbing Pemko Padang Sidempuan agar LKPD dapat lebih baik dan opini BPK dapat ditingkatkan,” harap Wako Irsan.

Selain koordinasi dalam hal pelaporan dan pengawasan, Irsan juga mengharapkan agar BPKP dapat memberikan pelatihan-pelatihan ataupun Bimtek untuk meningkatkan kemampuan dan kapabilitas khususnya Inspektorat Pemkot Padang Sidempuan.

Menanggapi hal itu, Kaper BPKP Sumut menyatakan siap berkoordinasi dan membimbing Pemkot Padang Sidempuan dalam upaya meningkatkan LKPD tahun 2021 menjadi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“Kami ucapkan selamat kepada Pemko Padang Sidempuan atas raihan opini WTP dari BPK dari sebelumnya dengan opini WDP. Apapun yang diperlukan dan yang ingin ditanyakan, silahkan konsultasikan ke kami,” kata Kwinhatmaka.

Kaper menjelaskan bahwa BPKP memberikan pendampingan dalam hal perencanaan, pelaksanaan, kinerja, sampai dengan pelaksanaannya. Ia juga menegaskan akan bersinergi dan membimbing Inspektorat Pemkot Padang Sidempuan guna meningkatkan kemampuan dan kompetensi APIP.