Peran Forum RT Penting Dalam Edukasi Masyarakat Tentang Sampah

Martapura - Kesadaran masyarakat khususnya di lingkungan RT di Kelurahan Sekumpul Martapura sudah cukup baik dan mulai meningkat. Hal itu berkat kerja sama semua dan peran Bank Sampah Sekumpul bersama para ketua RT di wilayah Sekumpul dalam mengedukasi warganya tentang sampah yang bisa bernilai serta bermanfaat.

Hal itu dikatakan Sekretaris Forum RT Kelurahan Sekumpul Martapura Nasrudin pada sesi program talkshow” Bakisah” (Bijak kelola sampah) di Studio Radio Suara Banjar, Kamis (19/1) siang.

Nasrudin menjelaskan, dirinya juga merupakan salah satu nasabah Bank Sampah Sekumpul Martapura, menurutnya selain bisa mengetahui manfaat sampah yang menjadi nilai guna, dirinya juga bisa mengetahui tentang pentingnya kesadaran kebersihan lingkungan sekitar, ini penting ia terapkan di lingkungan pribadi maupun lingkungan ruang lingkup RT di tempatnya.

“Diakuinya masih ada sebagian kecil warga yang belum sadar akan pentingnya kesadaran pentingnya sampah dan lingkungan hidup maka yang dilakukan adalah pendekatan kepada warga tersebut sambil dinasehati perlahan dan perlu kesabaran untuk itu,” ungkap Nasrudin.

“Rencana dalam waktu dekat ini kami bersama Bank Sampah Sekumpul juga akan melakukan beberapa kegiatan yang memberikan layanan dan manfaat bagi masyarakat, salah satunya kegiatan donor darah, kemudian kerjasama kami selama ini juga sudah berjalan dengan baik, jika dari semua sisi menurut kami Bank Sampah Sekumpul sudah sangat baik dan layak, mungkin bila dirasa perlu ada baiknya pihak Bank Sampah Sekumpul kedepan menambah lagi armada angkut sampahnya karena akan dapat memberikan keefisienan dalam penunjang program peduli sampah yang sedang berjalan saat ini,” harap Nasrudin.

“Intinya secara keseluruhan jika dilihat dari sisi peran pada masyarakat, maka Bank Sampah Sekumpul sudah sangat baik, serta kami dari forum RT Sekumpul, selalu siap mendukung langkah yang dijalankan Bank Sampah Sekumpul yang terus berjuang mengedukasi masyarakat agar semuanya bisa mengetahui pentingnya sampah dan kebersihan lingkungan sekitar,” pungkasnya.