Kabupaten Tojo Una-Una Raih WTP Delapan Kali Berturut-turut

Tojo Una-Una - Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah, meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2019 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Bupati Tojo Una-Una Mohammad Lahay mengatakan, raihan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh BPK RI Perwakilan Sulawesi Tengah merupakan capaian untuk ke delapan kalinya secara berturut-turut bagi Kabupaten Tojo Una-Una.

Bupati Mohammad Lahay menambahkan, pemeriksaan LKPD secara tahunan oleh BPK RI sangat diperlukan dalam upaya menilai kewajaran pengelolaan keuangan suatu daerah yang menjadi objek pemeriksaan.

"Dari aspek pelaksanaan jalannya pemerintahan, hal ini merupakan pelajaran yang sangat berharga bagi pemda untuk melihat sejauh mana kemampuan dalam mengelola keuangan secara tertib dan akuntabel, serta bagaimana upaya untuk melakukan tindak lanjut, evaluasi dan perbaikan terhadap koreksi-koreksi yang dihasilkan guna tercapainya pengelolaan keuangan daerah yang efektif, efisien dan akuntabel," katanya di Tojo Una-Una, Selasa (16/6).

Bupati Tojo Una-Una Mohammad Lahay mengatakan, raihan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh BPK RI Perwakilan Sulawesi Tengah merupakan capaian untuk ke delapan kalinya secara berturut-turut bagi Kabupaten Tojo Una-Una.

“Ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi Pemkab Tojo Una-Una dapat mempertahankan predikat WTP delapan kalinya secara berturut-turut. Dalam proses pengelolaan keuangan yang merupakan predikat tertinggi dalam penilaian akuntabilitas pemerintah daerah," terangnya.

Mohammad Lahay menambahkan, predikat WTP bukan dijadikan alasan bagi pemerintah daerah untuk berbangga diri, namun dimaknai sebagai upaya lebih berhati-hati, serta memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada pada tahun-tahun berikutnya sehingga dapat menghasilkan LKPD yang lebih akurat, efektif, efisien dan akuntabel.

Terhadap koreksi yang diberikan, Bupati menyampaikan akan terus berupaya menindaklanjutinya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Selain bupati, kegiatan tersebut turut dihadiri Wakil Bupati Tojo Una-Una Admin AS. Lasimpala, Ketua DPRD Mahmud Lahay, Sekretaris Daerah Taslim DM. Lasupu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Sovianur Kure bersama kepala perangkat daerah lainnya.