Peringati Hari Gizi Nasional, Wabup Banjar: Tingkatkan Komitmen untuk Bangsa Sehat

Martapura - Pelaksanaan Kegiatan Hari Gizi Nasional merupakan momentum penting dalam menggalang kepedulian dan meningkatkan komitmen bersama, antara pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat untuk bersama membangun gizi menuju bangsa sehat dan berprestasi.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyie pada Peringatan Hari Gizi Nasional ke-62 tahun 2022 di Aula BKDPSDM Banjar, Kamis (27/1).

Wabup berharap kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan peran aktif seluruh masyarakat, khususnya generasi milineal tentang kesehatan dan gizi.

“Semoga generasi muda kita, khususnya remaja Kabupaten Banjar tumbuh menjadi remaja yang sehat, terus menjunjung tinggi keimanan dan ketakwaan serta selalu menjaga adab dan sopan santun,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar Yasna Khairina mengatakan, rangkaian kegiatan Peringatan Hari Gizi Nasional ke-62 di Kabupaten Banjar dimulai pada 24 Januari 2022 yaitu di SMP Negeri 2 Desa Limamar, dengan agenda pemberian tablet tambah darah, pembagian kalender dan pembagian paket bahan makanan kepada siswa.

”Kemudian pada hari ini peringatan puncaknya dengan mengadakan seminar dan pemberian tablet tambah darah dan kalender kepada siswi-siswi SMP Negeri 1 Martapura,” katanya.

“Sasaran intervensi pada remaja putri karena pada saat menstruasi dilakukan upaya pemberian tablet tambah darah. Pada usia remaja putri perlu intervensi terhadap peningkatan gizinya,” ujarnya.

Yasna Khairina menjelaskan, peringatan Hari Gizi Nasional ke-62 ini mengusung tema Aksi Bersama Cegah Stunting dan Obesitas. Karena cegah stunting merupakan program nasional dan harus berhati-hati dengan obesitas karena obesitas memberikan dampak atau resiko terhadap penyakit lebih tinggi dibandingkan normal.

“Stunting terkait dengan kecerdasan Sumber Daya Manusia.Dari awal kita lakukan penurunan Stunting sebagai upaya Pemerintah bersama masyarakat supaya mendapatkan SDM yang unggul,” jelasnya.