Pemkab Polman Bersama Karang Taruna Diskusi Pengelolaan Sampah

 

Polewali Mandar - Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar bersama Karang Taruna menggelar diskusi publik dengan tema “Solusi Pengelolaan Sampah Kabupaten Polewali Mandar” yang menghadirkan narasumber dari unsur akademisi lingkungan hidup Sukadji Sabi, Sekretaris DLHK Hikmah, dan Bayu Imamtoko, Waste Management Konsultan, di Gedung PKK Polewali, Jumat (28/1).

Irfan Pahri Putra selaku Ketua Karang Taruna Kabupaten Polewali Mandar mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah bagaimana bisa bersama, mencermati permasalahan sampai, karena ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja tetapi kewajiban kita semua.

"Harapannya dengan diskusi ini, kita memiliki referensi seperti apa kita seharusnya mengelola sampah karena tanpa dikelola, sampah akan menjadi suatu masalah dan seharusnya ke depan kita harus mengubah mindset sampah yang tadinya kotor dan sebagainya,  kita ubah menjadi sampah menjadi sumber pendapatan baru bagi kita semua," terangnya.

Sementara itu, Sukirman Saleh selaku Asisten ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Polewali Mandar mengharapkan,  dengan  diskusi aktif,  penanganan sampah di Polewali Mandar dapat ditemukan  solusinya  agar sampah tidak menjadi momok  bagi masyarakat  tetapi justru menjadi nilai ekonomi.

"Terkait dengan TPA Binuang, diharapkan mudah-mudahan masyarakat semakin paham seperti apa mengelola sampah, seperti apa nilai ekonomi persampahan itu. Harapan kita mudah-mudahan TPA Binuang dalam waktu singkat bisa kembali dengan lapang dada dan hati mereka untuk memperbolehkan  untuk kembali  dibuka kembali TPA tersebut,” pungkasnya.