Pemkab Kubu Raya Optimistis Capai Target 70 Persen Vaksinasi

Kubu Raya - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, melalui Dinas Kesehatan terus menggencarkan vaksinasi COVID-19 di sejumlah titik yang tersebar di beberapa desa dan kecamatan guna mengejar target 70 persen capaian penyuntikan vaksin hingga akhir Januari 2022.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya Marijan mengatakan, berdasarkan data dari Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) hingga 28 Januari 2022 capaian vaksinasi untuk dosis pertama di Kubu Raya sebanyak 295.790 orang atau 68,36 persen dan dosis kedua sebanyak 193.230 orang atau 44,66 persen. Dengan data yang ada saat ini dan target yang ditetapkan Kementerian Kesehatan RI  agar pada akhir Januari 2022 target 70 persen bisa tercapai, tentu pihaknya optimistis bisa mengejar target itu dengan sisa waktu dua hari lagi.

“Kami optimistis bisa mencapai 70 persen target capaian vaksinasi diakhir Januari nanti, karena untuk mencapai target itu kita hanya mengejar beberapa digit saja atau 1,64 persen lagi. Sebab, satu digit jumlah warga yang tervaksinasi di Kubu Raya berbeda dengan kabupaten lainnya, misalnya ada kabupaten yang sasaran vaksinasinya hanya 90 ribu orang, maka dengan 900 orang yang tervaksinasi sudah mendapatkan satu digit. Namun di Kubu Raya dengan sasaran warga yang divaksinasi sebanyak 432.686 orang, maka kita harus memvaksin 4.327 orang," kata Marijan di sela meninjau vaksinasi di Kecamatan Sungai Raya, Sabtu (29/1) sore.

Marijan menjelaskan, jumlah sasaran vakinasi COVID-19 di Kubu Raya ini menggunakan Sensus Penduduk 2020, karena tidak mungkin pemerintah membuat sistem itu menunggu sampai tahun berikutnya. Yang mana pada tahun 2020 jumlah penduduk Kubu Raya sebanyak 609.392 jiwa dan sistem pengkaliannya sudah sangat jelas yaitu jumlah penduduk di kali 71,003 dibagi 100 persen, maka dapatlah angka 432.686 itu dan jumlah ini berdasarkan data dari Pusat Data dan Informasi (Pustdatin) Kemenkes RI.

“Kemudian kita juga memperbaiki data per kecamatan sesuai dengan jumlah sensus penduduk, sehingga nantinya apa yang dilakukan pak camat itu tidak gamang (khawatir/bingung) karena sudah jelas sumbernya. Dengan masih dilakukannya vaksinasi disejumlah titik dan desa di Kubu Raya, tentunya untuk mengejar satu digit itu bisa kita capai dalam dua hari kedepan, karena pada hari Jum’at kemarin kita bisa memvaksin lebih dari 6 ribu orang (1,5 digit). Insya Allah pada Senin nanti kami yakin besa mengejar target 70 persen," ucapnya optimistis

Sementara itu, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan dengan adanya vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6-11 tahun, Kubu Raya mendapat tambahan target capaian vaksinasi di sebanyak 64 ribu lebih.

Sebelumnya, target vaksinasi Kubu Raya sebesar 432.686, dengan sudah bisa di vaksinnya anak umur 6-11 tahun ini, maka ada penambahan 64 ribu lebih masyarakat Kubu Raya yang harus divaksin COVID-19 menjadi 493 ribu lebih," kata Bupati Muda.

Untuk memaksimalkan vaksinasi COVID-19 bagi anak ini, pihaknya akan membuat aturan wajib vaksin bagi anak untuk melakukan kegiatan tatap muka di sekolah.

"Kita imbau kepada semua orangtua di Kubu Raya agar tidak ragu membawa anaknya untuk mendapatkan vaksinasi COVID-19 baik yang dilaksanakan di sekolah, maupun di pusat kesehatan yang ada di tiap kecamatan dan desa," ajaknya.

Bupati menyampaikan, capaian vaksinasi di Kubu Raya sudah mencapai 68,36 persen, tinggal 1,64 persen lagi untuk mencapai 70 persen seperti yang ditetapkan oleh Kemenkes RI guna mencapai kekebalan kelompok (herd immunity) masyarakat.

"Untuk vaksinasi anak-anak ini, kita optimistis bisa dicapai dengan cepat, karena kita akan organisir pelaksanaan vaksinnya di sekolah-sekolah," ujarnya.