Plh Bupati OKU Hadiri Pelantikan Pengurus PWI

Baturaja -  Plh Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Edward Candra menghadiri pelantikan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten OKU, di Desa Kelumpang, Kecamatan Ulu Ogan, Belanting River Tubing. Sabtu (29/1).

Ketua PWI OKU Wiwin menyampaikan pengukuhan ini merupakan hasil dari Konvercab PWI yang diadakan pada 22 Oktober lalu. Ia menambahkan bahwa pelantikan ini menjadi momentum PWI OKU untuk bersinergi dan memberikan kontribusi nyata kepada elemen masyarakat dan pemerintahan.

"Dengan adanya PWI di OKU ini juga diharapkan menjadi pelajaran bagi seluruh stakeholder organisasi bahwasannya pelantikan di dalam suatu organisasi itu tidak mesti selalu di dalam gedung atau pun hotel yang mewah karena seperti yang diadakan oleh PWI ini sekarang," ujarnya.

Ia mengatakan, pelantikan ini mengambil tema dengan nuansa alam yang ada di Desa Kelumpang Kecamatan Ulu Ogan sekaligus bisa mempromosikan wisata-wisata yang ada di Kabupaten OKU dan semoga PWI ini bisa menjadi contoh untuk organisasi lain agar menjadi lebih baik dan mandiri.

Sementara itu, Edward Canda mengatakan, kemajuan media cetak dan media elektronik semakin pesat seiring dengan berkembangnya tuntutan keterbukaan dan kebutuhan informasi yang dibutuhkan publik dalam setiap segmen kehidupan, profesi wartawan atau kaum pers sesungguhnya cukup sentral guna turut berpartisipasi aktif sebagai bagian penting dalam upaya mewujudkan pencerdasan bangsa dan pengembangan demokratisasi melalui organisasi ke wartawanan dan media massa baik cetak maupun elektronik,

Edward menerangkan, selain berperan selaku insan yang menyebarluaskan pemberitaan yang menyangkut kehidupan sosial kemasyarakatan, dan semua peristiwa yang mengandung kebenaran di berbagai bidang, maka komunitas wartawan dan media cetak sudah pasti berfungsi sebagai penyeimbang Pemerintah dalam membangun civil society dan yang lebih penting adalah bahwa media jurnalisme merupakan mitra Pemerintah dalam mempublikasikan setiap kebijakan pembangunan secara seimbang dan proporsional baik keberhasilan maupun kekurangan yang terjadi.

"Untuk itu dalam kesempatan pelantikan Pengurus PWI Kabupaten OKU saat ini, Pemerintah berharap kerja sama dan komunikasi dapat semakin terjalin dengan baik dan berjalan dua arah antara komunitas jurnalistik, kaum pers, ataupun media cetak dengan jajaran Pemerintah Daerah, dan kiranya dapat semakin dimantapkan guna mengoptimalkan pengabdian semua kepada masyarakat, daerah, bangsa, dan negara Indonesia, khususnya bagi keberlanjutan akselerasi pembangunan di bumi Sebimbing Sekundang ini," ujarnya.

Edward Candra juga berharap rekan-rekan pers dapat semakin berkiprah aktif dan memberikan dukungan moriil dalam publikasi program-program pembangunan daerah di OKU secara objektif, berimbang, dan bertanggung jawab, dengan komitmen dan konsistensi keluarga besar pers Kabupaten OKU, maka dipastikan akan semakin mendorong bidang jurnalistik di daerah ini untuk dapat terus maju dan berkembang pesat dan mampu bersinergi untuk memperkuat keberhasilan dan kemajuan pembangunan daerah menuju masa depan Kabupaten OKU yang lebih cerdas dalam menyikapi semua dinamika sosial politik.

Acara dilanjutkan dengan Pengukuhan Ketua dan Anggota Pengurus PWI Kabupaten OKU oleh Ketua PWI Provinsi Sumsel bersama Plh Bupati OKU Edward Candra.