Buka Mubes WAPPDA IV, Gubernur Kalsel Ajak Alumni Kembangkan Ponpes

Martapura - Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mengajak kepada para alumi Pondok Pesantren Darussalam Martapura, baik di Kalsel maupun luar daerah untuk bersama sama bergotong royong mengembangkan ponpes, baik secara fisik maupun materiil demi perkembangan ponpes di masa yang akan datang.

Harapan tersebut disampaikannya, saat membuka Musyawarah Besar Warga Alumni Pondok Pesantren Darussalam (WAPPDA ) ke-IV di halaman Ponpes Darussalam Martapura, Jalan Mesjid Kelurahan Pesayangan Kabupaten Banjar, Sabtu (29/1).

Diutarakan gubernur yang akrab disapa Paman Birin tersebut, Ponpes Darussalam telah banyak menghasilkan ulama besar yang mengharumkan nama daerah tidak hanya terkenal di tingkat nasional bahkan hingga tingkat internasional. Terbukti telah banyak menghasilkan lulusan terbaik. Ini merupakan keberkahan mondok di Ponpes Darussalam Martapura.

”Saya sejak terpilih menjadi Gubernur Kalsel telah bertekad akan fokus dalam mengembangkan sektor keagamaan di provinsi Kalsel khususnya Pondok Pesantren. Mari bersama sama kita gotong royong menyumbangkan tenaga dan pikiran kita demi perkembangan Pondok Pesantren kedepannya,” ajak Paman Birin di hadapan peserta musyawarah dan guru-guru Ponpes Darussalam.

Sementara itu, Bupati Banjar Saidi Mansyur mengucapkan selamat atas terselenggaranya Musyawarah WAPPDA ke-IV. Ia berharap dengan terselenggaranya musyawarah dapat menghasilkan pemikiran dan tindakan yang konkret demi perkembangan ponpes kedepannya.

”Semoga berjalan sukses dan lancar, keberhasilan Ponpes Darussalam seperti sekarang ini tidak luput dari sosok para pendirinya. Mari kita doakan beliau agar segala jerih payahnya dalam memajukan dunia pendidikan keagamaan di balas dengan pahala berlipat oleh Allah SWT,” ucapnya.

Sedangkan, Ketua Pusat WAPPDA Ahmad Fauzan Saleh menjelaskan tujuan diselenggarakannya musyawarah ini adalah selain sebagai ajang silaturahmi bagi para alumni yang tersebar di berbagai wilayah. Juga untuk saling tukar pikiran demi mengembangkan pondok pesantren kedepannya.

”Setelah ditunda beberapa tahun akibat pandemi COVID-19, saat ini merupakan momen tepat untuk menyelenggarakan musyawarah demi mengenang dan melakukan evaluasi apa saja yang akan diperbaiki dan ditingkatkan untuk ponpes di masa akan datang. Terima kasih juga saya ucapkan kepada Gubernur Kalsel dan Bupati Banjar yang telah membantu mengembangkan Ponpes sehingga bisa maju seperti sekarang,” ucap mantan Wabup Banjar tersebut.