Sandiaga: Destinasi Gua Batu Cermin Jadi Site Event G20

Labuan Bajo - Pada hari kedua kunjungan kerja di Labuan Bajo, Jumat (28/1), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengunjungi Gua Batu Cermin menjadi salah satu destinasi potensial dan unik yang ada di Labuan Bajo dan akan menjadi salah satu tempat berlangsungnya rapat side event G20

Selain itu, begitu banyak sejarah dan cerita di balik destinasi ini. Hal inilah yang menjadi pusat perhatian Sandiaga Uno saat berkunjung ke destinasi tersebut. Menurutnya destinasi ini bisa menjadi salah satu Destinasi Wisata Edukasi.

"Tempat ini sangat unik dan original. Narasi serta cerita yang dibangun bisa menjadi wawasan dan pengalaman baru kepada para pengunjung," ujarnya, dalam siaran pers BPOLBF, Senin (31/1).

Sandiaga juga menjelaskan bahwa Kemenparekraf siap mendukung dengan berbagai pelatihan dan pendampingan sehingga ada peningkatan kapasitas dalam hal pelayanan.

"Intinya kami mendukung persiapan dari Gua Batu Cermin ini sebagai salah satu venue side event G20 di Labuan Bajo. Kami juga akan bantu dengan upskilling dan reskilling. Ini adalah bagian dari kebangkitan ekonomi kita, mudah-mudahan bisa membuka lapangan pekerjaan dan peluang usaha," jelas Sandiaga Uno.

Ia menambahkan bahwa Gua Batu Cermin ini sudah disiapkan PUPR untuk tempat souvenir dan berbagai produk lokal lainnya.

"Kami dari Kemenparekraf siap tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu sesuai dengan kebutuhan masyarakat," ujar Sandiaga.

Menteri Sandiaga menjelaskan konsep pariwisata premium yang masih sering disalahartikan. Menurutnya, periwisata premium dalam hal ini bukan berarti mahal tetapi berkualitas dan tidak mengejar kuantitas.

"Super premium berarti destinasi berkualitas terutama dari segi pelayanan dan titik beratnya bukan pada kuantitas atau jumlah. Semua lini akan disentuh kebijakan yang berkeadilan, berdaya saing, dan berkelanjutan seperti di Batu Cermin ini, ekosistem alamnya tidak diusik dan penataan infrastruktur hanya mengikuti alur. Ini adalah salah satu bentuk kualitas yang kita maksud," tegas Sandiaga Uno.

Hal yang sama juga disampaikan Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF), Shana Fatina bahwa BPOLBF siap memberi berbagai pendampingan dan pelatihan untuk meningkatkan kapasitas pelayanan atau hospitality di Labuan Bajo serta membangun narasi di balik destinasi.

"Sama seperti yang disampaikan Menparekraf tadi, kami akan membangun narasinya, bagaimana story telling nya dari awal sampai akhir sehingga pengalaman wisatawan itu tidak hanya melihat gua tetapi juga lengkap dengan edukasi karena di balik keberadaan gua ini ada cerita dan sejarah yang bisa menambah wawasan bukan saja untuk wisatawan tetapi juga akan berkelanjutan sampai anak cucu kita," jelas Shana.

Shana menegaskan bahwa pelatihan dan pendampingan akan terus dilakukan untuk menyokong sirkular ekonomi dan menghidupkan masyarakat setempat.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat Pius Baut mengatakan bahwa sinergi yang dapat dihadirkan adalah dalam bentuk kolaborasi dan kerjasama dan hal tersebut akan didiskusikan bersama antara BPOLBF sebagai satker di bawah Kemenparekraf dan Perumda Bidadari.