Cegah Stunting, Pemkab Muara Enim Kerja Sama dengan SEAMEO RECFON

Muara Enim - Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim Emran Tabrani memimpin rapat pembahasan rencana kerja sama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim dan Southeast Asian Ministers Of Education Orgabization Regional Centre For Food And Nutrition (SEAMEO REFCON), di Ruang Rapat Pangripta Sriwijaya Kantor Bappeda, Rabu (2/2).

Direktur SEAMEO REFCON Muchtarin Mansyur, mengatakan SEAMEO RECFON merupakan pusat organisasi Menteri Pendidikan se-Asia Tenggara dan salah satu unit yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI di bawah naungan Universitas Indonesia yang bergerak dibidang pendidikan dan kebudayaan.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, rencana kerja sama ini akan difokuskan dalam hal optimalisasi sumber pangan lokal dalam penyelesaian masalah gizi khususnya stunting, yang salah satunya bertujuan untuk menguatkan intervensi gizi spesifik dan gizi sensitif dalam penanggulangan stunting dalam program Anakku Sehat dan Cerdas (ECCNE) dengan pendekatan berbasis pangan melalui Panduan Gizi Seimbang Berbasis Pangan Lokal (PGS-PL).

"Saya atas nama pribadi dan Pemkab Muara Enim sangat menyambut baik usulan kerja sama dari SEAMEO REFCON ini, dan berharap kedepannya kita semua dapat bersinergi mencegah stunting baik itu dari sektor gizi maupun dari sektor pendidikan. Mari kita bentuk dari usia dini hingga sekolah menengah sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas di Muara Enim," ujar Emran.

"Kepada OPD terkait yang membidangi segera buat list kerja sama MOU yang akan disepakati oleh kedua belah pihak dalam hal ini Pemkab. Muara Enim dengan SEAMEO REFCON agar kemudian kita rembukkan bersama tanggal untuk penandatanganan MOU tersebut,'' pungkasnya.