Pj Bupati Muara Enim Paparkan Strategi Inovasi pada Dialog Bersama LAN

Muara Enim - Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim Nasrun Umar memaparkan strategi-strategi Pemkab Muara Enim terkait Inovation Government Awards (IGA) 2021 dalam acara Dialog Inovasi Nasional bertajuk "Stakeholder Talk" Retrospeksi Negara yang diselenggarakan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) Republik Indonesia (RI) secara virtual, Kamis (3/2).

Dalam paparannya di hadapan para inovator, Nasrun Umar mengatakan, ada beberapa pilar yang menjadi perhatian dan dasar kepala daerah untuk mewujudkan suatu lingkungan kerja yang inovatif.

"Yang pertama adalah komitmen. Baik dari kepala daerah maupun stakeholder yang ada harus berkomitmen bersama untuk mewujudkan suatu invoasi yang memang akan bermanfaat untuk pelayanan masyarakat. Kedua, yakni kolaborasi, tentunya sebuah ini dibutuhkan agar terjalinya komunikasi yang baik antar stakeholder agar terciptanya sebuah kerja sama yang baik dalam menjalankan pelayanan masyarakat last but not least yaitu fasilitas pendukung, sebuah gagasan tanpa fasilitas pendukung tentunya seperti mobil tanpa roda tidak dapat berjalan maka dari itu perlunya fasilitas dan tentunya SDM yang memadahi untuk menjalankan pelayanan masyarakat tersebut," ujarnya.

"Inovasi itu harus menjadi culture (budaya) di masyarakat, ketika inovasi itu sudah biasa dilakukan oleh masyarakat maka inovasi ini akan terus terjaga karena memang nyata dan besar manfaatnya bagi masyarakat sekitar. Tentunya inovasi ini juga perlu penyesuain dalam artian harus mengikuti perkembangan zaman yang  mengharuskan untuk  disesuaikan dengan kebutuhan di masyarakat," tambah HNU, sapaan akrabnya.

"Inovasi ini juga dijadikan tolak ukur keberhasilan bagi tiap perangkat daerah yang mana juga sebagai evaluasi capaian kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan demikian akan memotivasi bagi tiap-tiap perangkat daerah agar terus berinovasi kedepannya," pungkasnya.

Turut hadir pagi itu secara virtual melalui video conference di Ruang Rapat Pangripta Nusantara Bappeda Muara Enim, Pj Sekda Muara Enim beserta para Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemkab. Muara Enim.