Wabup Rohul: FKUB Berperan Ciptakan Kerukunan dan Keberagaman

Rohul - Eksistensi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dinilai memiliki peran penting dalam merawat kerukunan dan keberagaman antar umat beragama di Negeri Seribu Suluk.

Hal itu dikatakan Wakil Bupati Rohul Indra Gunawan saat menerima kunjungan dan silaturrahmi dengan Pengurus FKUB Rohul, diruang Wabup, Kantor Bupati Rohul Lantai II, Kamis (3/2)

Turut juga dihadiri Plt Kepala Kesbangpol Rohul Irvandri, Kabid Wawasan Kebangsaan Kesbangpol Rohul Januar Kaswari, Ketua FKUB Rohul Firman Halim dan Pengurus FKUB Rohul.

Wakil Bupati Rohul Indra Gunawan mengatakan dengan adanya kebersamaan dengan FKUB Rohul demi terciptanya kedamaian ketentraman terhadap kerukunan dan keberagaman umat beragam di Kabupaten Rokan Hulu.

"Kami dari Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu menyampaikan juga kepada seluruh perwakilan agama yang ada di kabupaten ada empat, yaitu Islam, Kristen, Katolik dan Buddha," ujarnya.

"Kami hadir bersama dan diskusi hari ini tentang kerukunan umat beragama di Kabupaten Rokan Hulu ini supaya damai tentram dan sejahtera dan kita juga berdoa untuk Rokan Hulu ini lebih maju ke depannya," harap wabup.

Wabup Indra Gunawan yang juga Dewan Penasehat FKUB Rohul ini mengaku hingga hari ini di Kabupaten Rohul belum ada terjadi gesekan antar umat beragama. Setiap warga tetap menjaga toleransi antar beragama menuju Rohul aman damai dan sejahtera.

"Alhamdulillah belum ada gesekan, semuanya masih berjalan aman tentram dan damai," tandasnya

Di tempat yang sama, Ketua FKUB Rohul Firman Halim mengatakan, agenda pertemuan dengan Wabup Rohul yang juga sebagai dewan penasehat FKUB Rohul membahas sejumlah program kerja.

Lanjutnya, sejak kepengurusan FKUB Rohul terbentuk di SK Kepengurusan 2021-2026, FKUB Rohul melakukan silaturrahmi dengan Wabup Rohul untuk program kerja tentang kerukunan umat beragama.

"Kita memulai kegiatan silaturahim hari ini dengan pak Wabup. Selesai kita laksanakan kunjungan, pertama dilakukan sebelum pelantikan dan kita komunikasikan dengan ketua dewan penasehat. Pak Wabup memberikan support dan apresiasi kepada FKUB Rohul," ujarnya.

"Pertama akan diagendakan acara pelantikan dan pengukuhan Pengurus FKUB sekaligus kita komunikasi atau dialog antar umat beragama," katanya.

Lanjut Ketua FKUB, ada beberapa program FKUB Rohul untuk menangkal gesekan yang terjadi antar umat beragama program yang sesuai dengan tupoksinya yaitu yang pertama akan diadakan dialog antar umat beragama.

"Karen ini termasuk program prioritas. Kedua kita akan berencana mensosialisasikan SKB dua menteri agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 98 kepada tokoh masyarakat, tokoh agama ini secara bertahap di Kecamatan yang ada di Rokan Hulu," jelasnya.

"Ketiga kita juga berencana melaksanakan pertemuan pertemuan rutin sehingga dari pertemuan itu akan kita dapatkan informasi dari tokoh-tokoh agama yang dilakukan dalam merencanakan program kerja," harapnya.