Dinsos P3AP2KB Banjar Gelar Orientasi Anggaran Responsif Gender

Martapura - Kabid PPPA Kabupaten Banjar Merilu Ripner mewakili Kepala Dinas Sosial P3AP2KB Kabupaten Banjar membuka Orientasi Anggaran Responsif Gender (ARG), di Aula Bappeda Litbang Banjar, Jumat (4/2).

“Upaya mewujudkan bersama kesetaraan gender dalam pelaksanaan strategi PUG sebagaimana arahan Bupati dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar, pada analisis situasi/analisis gender dilakukan pemetaan peran, kondisi dan permasalahan laki-laki dan perempuan," ujar Merilu Ripner.

Dikatakannya, dengan demikian analisis gender akan mendiagnosa dan memberikan jawaban yang lebih tepat untuk memenuhi kebutuhan perempuan dan laki-laki dalam penetapan program atau kegiatan dan anggaran, menetapkan kegiatan apa yang perlu dilakukan untuk mengatasi kesenjangan gender, dan siapa yang sebaiknya dijadikan target sasaran dari sebuah program atau kegiatan, kapan dan bagaimana progam atau kegiatan akan dilakukan dan mengurangi kesenjangan tingkat penerima manfaat pembangunan.

"Dengan analisis situasi atau analisis gender akan dapat mengidentifikasikan adanya perbedaan permasalahan dan kebutuhan antara perempuan dan laki-laki, sehingga dapat membantu para perencana maupun pelaksana untuk menemukan solusi yang tepat untuk menjawab permasalahan dan kebutuhan yang berbeda tersebut," jelasnya.

Lebih lanjut, Merilu berharap dengan penerapan analisis situasi atau analisis gender dalam perencanaan dan penganggaran pembangunan, kesenjangan gender yang terjadi pada tingkat penerima manfaat pembangunan dapat diminimalisir.