Bappedalitbang Polman Gelar Forum Konsultasi Publik Ranwal RKPD 2023

Polewali Mandar - Bappeda Litbang Kabupaten Polewali Mandar menggelar Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kabupaten Polewali Mandar Tahun 2023 di Aula Sipamandaq, Senin (7/2).

Hadir pada kesempatan ini, Bupati Polewali Mandar Andi Ibrahim Masdar, Wakil Bupati M. Natsir Rahmat, serta Pejabat Eselon II, Staf ahli , Asisten, Sekda, Pimpinan OPD Lingkup Pemkab Polewali Mandar, selain itu melibatkan berbagai unsur stakeholder.

Adapun rancangan prioritas pembangunan tahun 2023 adalahmengenai penguatan layanan pendidikan dan kesehatan, percepatan pengurangan kemiskinan, penguatan daya saing ekonomi, pemerataan infrastruktur, dan pemantapan kualitas tata kelola pemerintahan.

Sebagaimana amanat Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Rencana  Pembangunan Jangka Menengah Daerah dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah yang salah satu tahapan dalam penyusunan dokumen RKPD adalah forum konsultasi publik.

Bupati Andi mengharapkan kegiatan ini dapat mendapatkan masukan dari masyarakat sehingga dapat dikerjakan sesuai harapan bersama.

“Agar semua sumbang saran dari masyarakat, Anggota DPRD, Staf Ahli, kita bisa, kita dengarkan secara langsung agar apa yang diinginkan Polewali Mandar ke depan  lebih maju, inilah tempatnya, dan saya bersyukur sangat banyak masukan yang disampaikan masyarakat, mudah- mudahan ke depan, serapan anggaran lebih bagus agar semua harapan yang diinginkan rakyat dapat kita kerjakan dan tercapai,” jelas bupati.

Sementara itu, Plt. Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Polewali Mandar Himawan Jasin menjelaskan, tujuan utama kegiatan ini, untuk menghimpun saran masukan, aspirasi dari berbagai pemangku kepentingan pembangunan di Polewali Mandar, selain dari unsur pemerintah yang terlibat, juga melibatkan secara maksimal unsur non pemerintah, perguruan tinggi ,LSM, lembaga profesi dan unsur stakeholder lainnya.

“Masukan pada hari ini lebih banyak pada sektor peningkatan SDM, pengembangan sektor unggulan di Polewali Mandar, isu mengenai pernikahan dini, pelayanan kesehatan di rumah sakit maupun puskesmas, banyak saran dari peserta,” katanya.