Bupati Kubu Raya Buka Pelatihan Penguatan Implementasi Merdeka Belajar

Kubu Raya - Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan membuka Pelatihan Penguatan Implementasi Merdeka Belajar  di Dangau Hotel pada Senin (7/2).

Kegiatan yang diselenggarakan selama empat hari ini bertujuan terbangunnya kesamaan persepsi antara semua pemangku kepentingan di Lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kubu Raya tentang pelaksanaan kurikulum prototipe dan tersedianya sumber daya manusia yakni guru, pengawas sekolah dan kepala seksi kurikulum dan penilaian yang nantinya akan melakukan pendampingan terhadap guru dalam pengelolaan pembelajaran berbasis merdeka belajar. Dimana nantinya terbentuk Tim Gugus Tugas yang akan mensosialisasikan Kurikulum Prototipe ini kepada guru dan kepala sekolah sesuai dengan keberadaan KKG, MGMP KKKS d yang berada di wilayah kerja masing-masing peserta.

Dalam sambutannya, Bupati Muda mengatakan, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya mendukung penuh program yang digalakkan oleh pemerintah pusat.

Bupati Muda juga menyampaikan kepada para peserta untuk saling 'kepong bakol' atau gotong royong dalam perwujudan program Merdeka Belajar di Kubu Raya lewat inisatif dan responsif yang cepat.

Seperti diketahui, perubahan profil murid yang akan dibentuk dengan kebijakan merdeka belahar yang dikenal dengan profil pelajar pancasila mengharuskan adanya perubahan muatan kurikulum yang diberikan kepada murid agar tujuan pendiidkan dapat tercapai. Kegiatan tersebut juga menghadirkan narasumber yakni Koordinator Pengembangan Kurikulum Pusat Kurikulum dan Pembelajaran BSKAP Kemdikbudristek Yogi Anggraena, Hamka selaku Praktisi Pendidikan, dan Aisyah dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kubu Raya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Pejabat Administrator dan fungsional di Lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kubu Raya, Ketua K3S, Ketua MKKS dan Korwil bidang Pendidikan Se-Kubu Raya, Pengawas Jenjang SD dan SMP, Guru Penggerak, Calon Guru Inti PBG Kabupaten Kubu Raya.