Unik, Pemkab Kubu Raya Gelar Musrenbang Kecamatan Terentang di Tengah Saung

Kubu Raya - Ada suasana berbeda pada pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Terentang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2023 yang di gelar Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Yang mana Musrenbang Kecamatan yang digelar setiap tahun di kantor Camat, namun kali ini digelar di tengah Saung Inovasi Pertanian (Inovtan) Empening Mandiri Desa Teluk Empening Kecamatan Terentang, Selasa (8/2) pagi.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan, Musrenbang di Kecamatan Terentang kali agak unik yang dilakukan di area pertanian terpadu dan terintegrasi, karena wilayah ini merupakan pertanian terpadu yang cukup inovatif. Yang mana di saung Inovtan Empening Mandiri yang dimulai sejak tahun 2014 ini sudah sangat lengkap sektor yang dikembangkan di sini.

“Tentu di wilayah ini banyak komuditi-komuditi yang dikembangkan, terutama jahe, karena di Kecamatan Terentang fokus mengembangkan produk jahe dan mudah-mudahan di hilirnya bisa kita perkuat karena harga jahenya harganya sangat fluktuasi (naik-turun)," kata bupati Muda Mahendrawan usai membuka Musrenbang Kecamatan Terentang.

Bupati Muda menambahkan, di saung Inovtan Empening Mandiri ini para petani di Desa Teluk Empening Kecamatan Terentang juga mengembangkan pertanian holtikultura yang cukup baik, seperti durian, pisang, jeruk, keladi dan alpukat yang dinilai sangat cocok dengan kondisi lahan di wilayah ini.

“Selain pertanian, pertanakan sapi yang dikembangkan di saung ini juga sangat baik, sehingga bisa menjadi daya tarik yang dilakukan dengan pola-pola terpadu juga. Tentunya dengan keunikan yang ada di saung Inovtan Empening Mandiri ini bisa dijadikan wisata edukasi," ujarnya.

Bupati menilai, dengan adanya Merdeka Belajar- Kampus Merdeka (MBKM), maka anak-anak mahasiswa sudah sering datang ke sini dari berbagai kampus. Tentunya hal ini sudah sangat tepat dan kedepannya Pemkab Kubu Raya bersama-sama semua pihak mendukung supaya di lokasi ini ada tempat untuk mahasiswa bermalam, karena di sini belum ada tempat nginapnya.

“Dengan suasana yang sejuk dan alami ini, tentunya saung ini sangat baik untuk menginspirasi anak-anak muda. Karena apapun yang kita bicarakan tentunya semua itu untuk generasi milenial. Sebab generasi gen z ini harus kita kawal yang jumlah sudah mencapai 25 persen dan diharapkan mereka memiliki peluang-peluang kedepannya," harapnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya agus Sudarmansyah menilai, demplot pertanian yang dikembangkan gabungan kelompok tani (gapoktan) Empening Mandiri ini bisa dijadikan pilot project dan diharapkan bisa menjadi pemantik bagi desa-desa lainnya di Kubu Raya.

Pemantik bukan berarti desa-desa lainnya melakukan hal yang sama dengan apa yang dikembangkan desa Teluk Empening ini, melainkan disesuaikan dengan potensi daerahnya masing-masing. Jika di desa Teluk Empening ini potensinya di sektor pertanian, pertenakan dan perkebunan, bisa jadi di desa pesisir lainnya bisa mengembangkan sektor perikanan, budidaya air payau dan air tawar, tentunya semua itu harus disesuaikan dengan potensi di masing-masing desa’," ujar Agus Sudarmansyah.

Legeslator PDI Perjuangan Kabupaten Kubu Raya itu menyampaikan, berdasarkan hasil Musrenbang Kecamatan Terentang hari ini, hal yang menjadi priorotas itu terkait pembangunan infrastruktur. Dengan terbatasnya Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kubu Raya, harus ada terobosan dari pemerintah daerah dalam merealisasikannya.

“Salah satu yang saya sarankan kepada Pemkab Kubu Raya ini, agar Corporate Social Responsibility (CSR) dari empat perusahaan besar yang ada di kecamatan Terentang ini juga fokus dan sharing dengan APBD Kubu Raya untuk menuntaskan persoalan krusial tadi," pintanya.

Musrenbang Kecamatan Terentang ini juga dihadiri Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo, Wakil Ketua DPRD Suharso, Ketua GOW Atzeby Yatulensi, sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Camat Terentang Supriyadi dan seluruh kepala desa se-kecamatan Terentang.

Pada kesempatan ini, bupati beserta rombongan melihat pengembangbiakan sapi, hasil tanaman holtikutura dan melakukan penanaman buah alpukat unggul. Selain itu dalam Musrenbang ini juga diserahkan alat bantu dengar dan kursi roda kepada warga Desa Sungai Radak Dua dan Desa Teluk Bayur, penyerahan penghargaan desa sadar adminduk oleh Kepala Disdukcapil Kubu Raya Nurmarini Mochtar serta Penyampain SPT P2 oleh bupati Muda Mahendrawan kepada Camat Terentang Supriyadi.