Plh Bupati OKU Hadiri Musrenbang 2023 dan Peresmian Pos Damkar Muara Jaya

Baturaja - Plh Bupati Ogan Komering Ulu Edward Candra menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2023 dan pemebntukan sekaligus pengoperasian Posko Pemadam Kebakaran Kecamatan Muara Jaya, di Aula Kantor Camat setempat, Selasa, (8/2).

Acara diawali dengan penyerahan dan peresmian satu unit mobil pemadam kebakaran Kabupaten OKU yang telah dialokasikan untuk Kecamatan Muara Jaya pada tahun ini.

Camat Muara Jaya Dini Justini menyampaikan seputar wilayahnya yang terdiri dari 7 desa yaitu Muara Saeh, Lubuk Tupak, Karang Lantang, Beringin, Surau, Lontar dan Kemala Jaya.

"Sebanyak 7 desa yang ada di Kecamatan Muara Jaya sampai saat ini belum memiliki Kantor Desa, dan hanya melakukan aktivitas Pemerintahan yang dilakukan di rumah Kades masing-masing, berharap Pemerintah Kabupaten OKU segera memberikan solusi dan bantuan untuk memberikan tempat atau bangunan untuk setiap kades bekerja," ujarnya.

Permasalahan lainnya, tambahnya, adalah belum adanya juga di Kecamatan Muara Jaya ini seperti SMA atau SMK Negeri, Pasar Kalangan, Kantor KUA dan Lapangan Upacara, Pagar Sekolah serta ruang belajar yang kurang memadai. besar harapan melalui Musrenbang apa yang menjadi kebutuhan masyarakat Kecamatan Muara Jaya ini dapat terealiasasikan.

Sementara itu, Edward Candra menyampaikan, keberhasilan suatu program pembangunan di daerah harus diawali dengan perencanaan yang terarah, cermat dan terukur.

"Pada hari ini, pemerintah melaksanakan Musrenbang dalam rangka penyusunan perencanaan pembangunan untuk tahun 2023 mendatang, atau lebih dikenal dengan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023," ujar Edward.

Adapun perencanaan yang berasal dari masyarakat ini, jelas Edward, adalah perencanaan dari bawah ke atas atau dari masyarakat ke pemerintah seperti pada Musrenbang kali ini, untuk inilah yang terus didorong agar apa yang diharapkan oleh masyarakat bisa diimplementasikan oleh pemda.

"Diharapkan perencanaan ini dapat sesuai dengan keadaan di Desa yang mengusulkan perencanaan dan murni dari harapan-harapan masyarakat di Desa tersebut sehingga pada akhirnya akan tercapainya visi pembangunan Kabupaten OKU yaitu Bersih Kreatif, Religius, Maju dan Sejahtera," pungkasnya.