Pemkab Muara Enim Kerjasama dengan STIKES Al-Ma'arif dan STIT

Muara Enim - Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Emran Tabrani memimpin rapat pembahasan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim dengan Sekolah Tinggi Kesehatan (STIKES) Al-Ma'arif Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu dan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Kabupaten Muara Enim, di Ruang Rapat Serasan Sekundang Muara Enim, Selasa (8/2).

Pj Sekda mengatakan, dengan terjalinnya kerjasama bersama dua sekolah tinggi tersebut, artinya terbuka luas bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Muara Enim untuk mengembangkan diri pada masing - masing program studi yang ada di sekolah tinggi yang dimaksud.

Selain itu, Pemkab Muara Enim tidak membatasi, tidak menghalangi, dan membuka pintu seluas - luasnya untuk mendorong pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) ASN.

Lebih lanjut Emran mengatakan, setelah kerja sama dengan STIT telah di sepakati dalam bentu MoU banyak hal yang dilakukan diantaranya dengan pemanfaatan Badan Pelaksana Pendidikan dan Peningkatan Pemahaman Ajaran serta Budaya Islam (BP4ABI) dan Islamic Center menjadi subtansi dalam kerja sama dalam berbagai bentuk kegiatan keagamaan.

"Karena dengan pembangunan mental kerohanian SDM dibidang keagamaan sangat penting untuk membentengi generasi masa depan dari segala macam ancaman," ujarnya.

Kemudian, lanjutnya, pemda sepakat untuk MoU dengan STIKES Al-Ma'arif segera dikoordinasikan dengan Bagian Kerja Sama Pemkab Muara untuk diatur agar bisa ada momen yang tepat untuk ditandatangani MoU, serta untuk dimasukkan dalam MoU terkait dengan pemberian keringanan biaya kuliah. Sedangkan untuk kerja sama dengan STIT diupayakan MoU di Kampus STIT disinkronkan dengan kegiatan yang ada di Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemkab Muara Enim.

"Mulai hari ini, yang terlibat langsung dengan MoU ini untuk segera menindaklanjuti guna menyusun draft MoU agar bisa dipelajari para Pihak dan dirancang Perjanjian Kerjasama (PKS). Dari kedua MoU ini harus memberikan manfaat ke masyarakat," pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua 3 STIKES Al-Ma'arif Yudi Budiyanto mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Muara Enim atas sambutan yang baik dari Pemkab Muara Enim dengan MoU bersama untuk pengembangan SDM ASN Pemkab Muara Enim pada program Strata Satu (S1) bidang kesehatan masyarakat di STIKES Al-Ma'arif.

"STIKES Al-Ma'arif memiliki akreditasi B berdiri sejak 2001. Dan kerjasama dengan Pemerintah Daerah pertama yang baru dengan Pemkab Muara Enim," ungkapnya.

Sementara, Munjianto Mukhtar selaku pengurus STIT mengatakan, kerjasama STIT dengan Pemkab Muara Enim guna pengembangan potensi SDM ASN Pemkab Muara Enim dalam pembinaan keagamaan dan dakwah Islamiyyah.

"STIT berdiri sejak 2000 dengan akreditasi B dan jenjang S1 Pendidikan Agama Islam. Sedangkan objek kerja sama dengan Pemkab Muara Enim yang Insha Allah dapat dikerja samakan yaitu sarjana bina desa," ungkap Munjianto.