Plh Bupati OKU Tinjau Kolam Lele Milik Kelompok Peternakan di Desa Tubohan

Baturaja - Plh Bupati OKU Edward Candra meninjau kolam ikan lele milik kelompok peternakan di Desa Tubohan, Kecamatan Semidang Aji, OKU, Sumatera Selatan, Rabu (9/2).

Kepala Desa Tubohan Jimikarsa menyampaikan bahwa lebih kurang 2 bulan yang lalu telah diadakan penaburan benih dari Dinas Perikanan Kabupaten OKU.

"Pemerintah dan masyarakat Desa Tubohan sangat bersyukur dan berterima kasih dengsn bantuan bibit ikan lele, pakan, dan kolam ini. Pada 2 bulan lebih 4 hari, ikan lele ini sudah dapat merealisasikan pemanenan dan selanjutnya akan dilakukan untuk penjualan ikan yang telah dipanen," ujarnya.

Adapun kelompok perikanan di Desa Tubohan ini dinaungi dengan jumlah anggota 20 Kartu Keluarga (KK).

"Di sini kami selaku pemerintah desa masih tetap mengharapkan bantuan dari Dinas Perikanan dan Peternakan serta Pemerintah Kabupaten OKU untuk tetap membantu Kelompok Perikanan yang ada di Desa Tubohan ini.

Seementara itu Kadi# Peternakan dan Perikanan Kabupaten OKU menyampaikan bahwa bantuan budidaya ikan ini adalah program di tahun 2021, salah satunya Desa Tubohan ini mendapatkan bantuan kolam plastik sebanyak 10 kolam, 8.000 benih ikan lele, berikut pakan, sampai dengam panen serta probiotik atau obat untuk pertumbuhan ikan.

Ia menjelaskan, di Kabupaten OKU sendiri, selain Desa Tubohan, Kecamatan Semidang Aji, ada 4 desa yang mendapat bantuan budidaya ikan dalam kolam plastik ini antara lain di Batumarta, Sosoh Buay Rayap, dan di Semidang Aji.

Selain budidaya ikan dalam plastik ini, jelasnya, ada juga budidaya ikan dalam drum yang terdiri dari 8 kelompok dan 1 kelompoknyo 30 drum serta tersebar di beberapa Kecamatan di Kabupaten OKU, kemudian budidaya ikan dalam ember ada 14 kelompok dan 1 kelompok mendapatkan 50 ember, dan ini lebih difokuskan di Kecamatan Lubuk Raja.

Sedangkan, Plh Bupati OKU Edward Candra menyampaikan bahwa budidaya ini merupakan program pemerintah daerah.

" Untuk itu dari beberapa desa yang terpilih dalam program ini patutnya tetap bersyukur karena Desanya terpilih sebagai Desa tujuan program tersebut. Dan harapan pemerintah dengan adanya program ini dapat bermanfaat serta meningkatkan pendapatan masyarakat, dan juga bimbingan langsung dari dnas terkait agar diharapkan budidaya ikan ini dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Edward Candra sangat mendukung rencana Kepala Desa Tubohan yang akan mengembangkan budidaya ikan lele ini melalui dana Desa 20% dikarenakan melihat contoh budidaya ikan lele yang telah dilaksanakan sekarang serta melihat masyarakat yang ada di Desa Tubohan ini juga berminat dengan adanya budidaya ikan lele.