Plh Bupati OKU Hadiri Pelantikan Pengurus KORMI

Baturaja - Plh Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Edward Candra menghadiri pelantikan pengurus Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten OKU di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Kamis (10/2).

Ketua KORMI Kabupaten OKU Yenny Elita menyampaikan bahwa KORMI adalah organisasi olahraga Nasional sebagai salah satu wadah berhimpun dan induk organisasi olahraga rekreasi masyarakat yang berstatus mandiri.

"Dengan tujuan diantaranya menuntun gaya hidup sehat, menyebarluaskan olahraga kesegenap lapisan masyarakat karena KORMI ini tidak mempunyai batas umur, meningkatkan kualitas kesehatan, melestarikan dan mengembangkan olahraga tradisional yang berbasis nilai-nilai budaya nusantara, membangun jejaring kerjasama dengan lembaga dan intansi yang terkait, meningkatkan kapasitas dan kualitas SDM yang unggul, kreatif dan produktif," jelasnya.

Diharapkan Yenny, olahraga tradisional dan lainnya yang ada di masyarakat dapat dikenal kembali karena sebenarnya inilah budaya yang kita miliki, dilihat dari saat ini anak-anak sering bermain gadget dibanding permainan/olahraga tradisional.

"Untuk itu KORMI di sini untuk melestarikan olahraga/permainan tersebut, dan saya berharap kita semua yang telah dilantik bisa bergerak dan bisa mengemas berbagai event kegiatan permainan-permain tradisional itu akhirnya disukai kembali oleh anak-anak," ujarnya.

Sementara itu, Ketua KORMI Sumatera Selatan Samantha Tivani menyampaikan bahwa KORMI merupakan komite yang telah berdiri sejak 2015 di Sumsel, sebelumnya nama KORMI adalah FORMI dan seiring berjalannya waktu diubah menjadi KORMI karena induk organisasi dibawah naungan FORMI itu semakin banyak untuk itu terbentuklah KORMI pada saat ini.

"Sesuai amanah UU Olahraga Nomor 3 Tahun 2005 dengan dasar hukum pengembangan olahraga di Indonesia dan desain besar olahraga nasional. KORMI adalah mitra strategis pemerintah dalam membangun Indonesia bugar bersama KONI, dan KORMI adalah mitra tentunya peranan pemerintah dalam hal ini Dinas Pemuda dan Olahraga sangat dibutuhkan dalam pengembangan olahraga rekreasi masyarakat," ujarnya.

"Dalam hal ini kita dapat melihat anak-anak saat ini lebih sering memainkan permainan digital, untuk itu ini merupakan salah satu tugas KORMI untuk memasyarakatkan kembali olahraga tradisional dan rekreasi masyarakat," lanjutnya.

Samanta berharap di setiap Kabupaten bisa mengangkat salah satu olahraga budaya yang bisa diangkat ke tingkat nasional.

Selanjutnya disampaikan informasi bahwa Sumsel akan menjadi tuan rumah Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia pada bulan Juli 2022 yang akan datang, dan ini setara dengan Pekan Olahraga Nasional (PON), yang mana Festival tersebut akan dibuka langsung oleh Presiden RI. Dan meyakini bahwa KORMI Kabupaten OKU akan memberikan versi terbaiknya dan mari kita sukseskan bersama-sama pada FORNAS yang akan datang demi Sumsel maju untuk semua.

Sedangkan, Plh Bupati OKU Edward Candra menyampaikan bahwa pemerintah daerah sangat bangga dan memberikan apresiasi yang sangat tinggi atas terbentuknya pengurus Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) di Kabupaten OKU ini.

"Diharapkan dapat bermanfaat besar dalam rangka memperkenalkan potensi wisata alam yang sangat indah sekaligus membangkitkan komitmen bersama dalam mengangkat kearifan lokal yang perlu kita jaga keindahannya dan kita lestarikan serta dikembangkan sehingga dapat dikenal secara luas," ujarnya.

"Dengan kehadiran KORMI Kabupaten OKU juga bisa diintegrasikan serta diselaraskan dengan program-program yang bisa mendukung upaya pengembangan potensi wisata alam di Kabupaten OKU," tambahnya.

"Maka dari itu eksistensi KORMI nantinya bisa berperan dalam memperkenalkan potensi-potensi yang ada di Kabupaten OKU melalui event-event olahraga yang diselenggarakan oleh pengurus KORMI Kabupaten OKU," lanjut Edward.

Diharapkan Edward, dengan terbentuknya kelompok pecinta alam, komunitas pemandu wisata, agen-agen perjalanan wisata, serta kemungkinan pihak swasta/investor yang berminat mengembangkan potensi pariwisata daerah yang dipadukan dengan sarana-prasarana atau fasilitas penunjang untuk kegiatan Olahraga Rekreasi yang dirancang KORMI Kabupaten OKU.

"Dengan terbentuknya KORMI Kabupaten OKU ini, mari bersama-sama kita dukung sosialisasi dan promosi keberadaan fasilitas wisata alam dan petualangan alamiah di Kabupaten OKU," ujarnya.

Edward Candra mengucapkan selamat berkreasi, selamat bertugas, dan selamat mengabdi kepada segenap pengurus KORMI Kabupaten OKU.