Wali Kota Padang Sidempuan Panen Perdana Bibit Bawang Merah

Padang Sidempuan - Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution, didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Camat Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, bersama perwakilan tim dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara melakukan panen perdana penangkar bibit bawang merah di Desa Aek Najaji, Kecamatan Padang Sidempuan Batunadua, Kamis (10/2).

Irsan berharap pengembangan bawang merah di Kota Padang Sidempuan dapat menjadi cikal bakal budi daya yang kedepannya akan mampu membantu peningkatan perekonomian di masyarakat.

“Dengan hasil yang memuaskan seperti ini, saya yakin Padang Sidempuan akan mampu menuju swasembada bibit bawang merah, kemudian dari sisi ekonomi tentu budi daya bawang merah ini akan meningkatkan nilai tambah pendapatan, karena bawang merah ini sudah bisa panen di umur 65 hari, dengan produksi yang cukup tinggi dan juga benih yang adaptable," jelas Irsan.

Pada kesempatan itu Irsan juga kembali meminta kepada para penyuluh untuk tetap semangat menjadi garda terdepan memberikan penyuluhan kepada para petani dan kelompok tani.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Sidempuan Parhimpunan Siregar menjelaskan, benih bawang merah yang ditangkarkan di Kota Padang Sidempuan dengan pengelolaan pascapanen yang baik dan benar akan memiliki ketahanan terhadap cekaman biotik dan abiotik (hama penyakit tanaman dan iklim), sehingga tingkat keberhasilan dalam budi daya lebih tinggi dan baik. Hal ini disebabkan benih yang dipakai sudah memiliki adapatasi lingkungan sebelumnya.

“Kepada para petani bawang merah, jangan ragu untuk membeli hasil bibit yang ditangkarkan oleh petani penangkar bawang merah yang sudah ada. Karena sebelumnya sudah ada hasil benih bawang merah yang ditangkarkan oleh petani penangkar lain di Kota Padang Sidempuan dijual di berbagai daerah di Tabagsel ini," ucapnya.