Cegah Omicron, Bupati Banjar Minta Tegakkan Kembali Prokes

Martapura - Bupati Banjar Saidi Mansyur menegaskan untuk menegakkan kembali protokol kesehatan dan meningkatkan vaksinasi. Hal ini menyusul meningkatnya kasus Omicron COVID-19 di awal tahun 2022.

Hal itu ditegaskan Saidi Mansyur saat memimpin rapat koordinasi mingguan Pemerintah Kabupaten Banjar, di Aula Barakat Martapura, Senin (14/2) pagi.

”Untuk di lingkungan kerja tegakkan kembali prokesnya, meskipun dianggap ringan, varian Omicron ini tetap berbahaya bagi diri dan keluarga kita,” tegas bupati.

Selain mengimbau penerapan prokes, Saidi Mansyur juga meminta kepada seluruh SKPD untuk menyukseskan vaksinasi, sehingga akhir Maret 2022 bisa mencapai 100 persen.

"Vaksinasi nasional rata-rata 89 persen, sedangkan capaian di Kabupaten Banjar 78 persen, sehingga harus mengejar capaian yang kurang ini dalam pelaksanaan di 26 desa dan kelurahan yang ada di Kecamatan Martapura," ujarnya.

“Akan dilakukan door to door by name by address yang disusun oleh DKISP Banjar berkoordinasi dengan Disdukcapil,” lanjut Saidi.

Sementara itu untuk menanggapi berita hoaks yang beredar tentang vaksin, Pemkab Banjar melalui DKISP membentuk Kontra Hoaks sebagai salah satu upaya mengatasi berita bohong terkait vaksin.

Rakoor mingguan ini juga diikuti oleh Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al-Habsyie, Sekda M. Hilman, para asisten dan staf ahli serta para kepala SKPD.