Plh Bupati OKU Buka Pelatihan Keterampilan di UPTD Balai Latihan Kerja

Baturaja - Plh Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Edward Candra menghadiri pembukaan Pendidikan & Pelatihan Keterampilan Bagi Pencari Kerja Berdasarkan Klaster Kompetensi Dinas Tenaga Kerja Melalui UPTD Balai Latihan Kerja  Tahun Anggaran 2022 di aula UPTD Balai Latihan Kerja Disnaker, Senin (14/2).

Ketua Pelaksana Oleh Kepala UPTD Balai Latihan Kerja Kabupaten OKU Farizal Chandra menyampaikan, pendidikan dan pelatihan keterampilan bagi pencari kerja berdasarkan klaster kompetensi ini dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja Kabupaten OKU melalui UPTD Balai Latihan Kerja.

"Tujuan pelatihan mendukung program peningkatan kompetensi tenaga kerja produktivitas dan menciptakan pencari kerja yang kompeten di bidangnya," ujarnya.

Ia menyebutkan, peserta sebanyak 48 orang yang kesemuanya pencari kerja dengan jurusan pelatihan tata rias, menjahit, dan tata boga.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja OKU Helmi Purnomo menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan pelatihan keterampilan bagi pencari kerja yang dianggarkan melalui APBD.

"Pelatihan ini dimaksudkan untuk membekali keterampilan dan pengetahuan para pencari kerja di Kabupaten OKU, sehingga dapat meningkatkan kualitas SDM, meningkatkan produktivitas dan menekan angka pengangguran guna meningkatkan kesejahteraan pencari kerja dan masyarakat," ujarnya.

Sedangkan, Plh Bupati OKU Edward Candra menyampaikan, peserta pelatihan sebagai pencari kerja juga harus memiliki soft skill sehingga dapat bersaing di dunia kerja.

"Pencari kerja juga harus memiliki pikiran kritis, kreatif, inovatif dan mampu beradaptasi. Soft skill lain adalah memiliki kemampuan kerja sama, berkolaborasi, manajemen waktu dan memiliki jaringan yang luas," pungkasnya.