Ketua Dekranasda Kabupaten Banjar Buka Pelatihan Pembuatan Sasirangan

Martapura - Pelatihan pembuatan Kain Sasirangan yang saat ini dilaksanakan untum melahirkan pelaku usaha mikro baru agar bisa membantu perekonomian keluarga.

Hal itu diungkapkan Ketua Dekranasda Kabupaten Banjar Nurgita Tiyas, saat membuka Pelatihan Pembuatan Kain Sasirangan Tahun 2022 di Gedung Dekranasda Banjar, Selasa (15/2) pagi.

Adanya penggabungan Dinas Koperasi dengan Disperindag bisa lebih spesifik lagi mengawal dan melahirkan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM) baru.

”Mudah-mudahan peserta pelatihan ini dapat menyerap ilmu pengetahuan seluk beluk pembuatan sasirangan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan Banjar I Gusti Made Suryawati menyampaikan, tujuan pelatihan adalah memberikan pengetahuan dan menambah wawasan kepada pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) khususnya IKM Sasirangan serta meningkatkan kemampuan SDM para perajin IKM.

Made menyebutkan, kegiatan berlangsung dari tanggal 16 - 20 Februari 2022 dan dengan tetap menerapkan prokes ketat.

“Peserta dari berbagai kecamatan 10 orang, yaitu Kecamatan Martapura 3, Martapura Timur 2, Astambul 2, Mataraman 1 dan Simpang Empat 2 orang,” ucapnya.

Menandai dibukanya pelatihan, dilakukan penyerahan peralatan pelatihan kepada perwakilan peserta. Sementara narasumber dua orang, yakni Syahrani dari Shedma Sasirangan dan Arbain dari Dhika Sasirangan.